...

Artikel
...
Perubahan Iklim
103
14 Agustus 2022
Komunitas
Penulis
Andika Kilok
1
posting

SORGUM,PANGAN MULTI FUNGSI ATASI DAMPAK PERUBAHAN IKLIM

Akhir-akhir ini, salah satu pangan lokal yakni sorgum, mulai booming di berbagai kalangan. Hal ini terjadi karena tanaman jenis serelia ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan.

 Seperti yang kita ketahui bahwa sorgum mampu tumbuh dan tidak banyak membutuhkan air, sehingga cocok dibudidayakan di lahan-lahan marginal.

Manfaat biji sorgum adalah sebagai sumber bahan pangan karbohidrat/alternative beras padi, gluten free yang sangat baik bagi anak autis dan bagi mereka yang peka terhadap kandungan gluten di dalam gandum. Sorgum mengandung serat yang berfungsi meningkatkan sistem pencernaan sehingga cocok bagi mereka yang mau diet.

Selain biji sebagai pengganti makanan pokok, batang dan daun sorgum juga dapat dijadikan sebagai pakan ternak dan beberapa pengolahan limbah sorgum lainnya, seperti, pembuatan karangan bunga dan pembuatan pupuk bokasi.

Selain itu, batang dan daun sorgum juga dapat dijadikan sebagai ajir untuk kacang panjang. Para petani tidak memerlukan ajir dari tempat lain saat menanam tanaman melata seperti kacang panjang.

By: Andika Kilok

 

 

1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *