Webinar: The role of youth in building awareness towards climate change issues

Webinar: The role of youth in building awareness towards climate change issues
73
25 January 2021
Aplikasi Zoom

Latar Belakang

Make Your Own Forest adalah sebuah kampanye yang terfokus kepada isu lingkungan. Pada kampanye ini, kami menghadirkan dua poin besar yang kami jadikan sebagai solusi untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar kita, yaitu mengenai tanaman hias (indoor plant) dan aktivitas berkebun (outdoor planting). Kedua poin itu yang faktanya sekarang sedang naik daun kami suarakan untuk audiens kami bahwa kita bisa jadikan keduanya untuk mencapai kondisi lingkungan yang semakin hijau dan memberikan dampak baik bagi iklim yang sekarang sudah memunculkan tanda-tanda anomalinya.

 

Tanda-tanda itu tidak boleh kita pandang sebelah mata. Dampaknya bisa mengenai berbagai macam sektor dari sosial hingga ekonomi. Terutama di Indonesia, pemahaman mengenai isu lingkungan (climate literacy) ini sangatlah minim. Terpecah-pecah Indonesia menjadi lebih dari 10 ribu pulau memberikan tantangan tersendiri bagi negara ini agar masyarakatnya bisa semakin sadar akan kondisi alam yang sudah semakin buruk berkat perilaku kita yang terbilang berlebihan atau acuh terhadap dampak yang bisa dihasilkan bagi lingkungan kita. Minimnya pengetahuan ini yang kemudian membuat banyak masyarakat “biasa-biasa saja” di saat pola cuaca terasa berbeda, suhu lingkungan kita yang semakin panas, hingga penggunaan plastik yang berlebihan pun dianggap wajar karena untuk memenuhi kebutuhan. Hal ini yang kemudian dibutuhkan sebuah aktor yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat ini. Aktor yang kemungkinan bisa memiliki pengaruh besar pada saat ini adalah para pemuda. Tidak diragukan lagi bahwa mereka memiliki dampak yang begitu besar bagi masyarakat masa kini. Keterampilan dan pemahaman yang luas terhadap era globalisasi ini bisa dengan mudah memunculkan ideide kreatif untuk masyarakat Indonesia, terutama mengenai isu lingkungan.

 

Jika kita melihat fakta, pemuda lah yang cukup aware terhadap isu-isu climate change ini. Mereka bisa menjadi salah satu kunci untuk tercapainya kondisi lingkungan yang semakin baik lagi. Namun, tidak semua dari mereka memiliki tujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lebih hijau. Oleh karena itu, dibutuhkan pemaparan yang komprehensif dan menarik sehingga bisa membuat mereka yang notabene punya power begitu besar bisa semakin sadar akan isu lingkungan ini dan membantu Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi, dengan harapan anak-cucu kita kedepannya masih bisa merasakan dan melihat keindahan alam yang diberikan oleh tuhan kepada umat manusia.

 

Objektif

Webinar yang berkolaborasi dengan Yayasan KEHATI  ini dihadirkan untuk mewujudkan tujuan utama kami, yaitu agar meningkatnya kesadaran akan perubahan iklim pada target audiens kami, yaitu pemuda usia 18-24 tahun. Perbincangan yang akan dibicarakan nanti juga bertujuan agar wawasan yang dimiliki oleh audiens terhadap topik yang dibawa bisa semakin tajam lagi. Hal ini kemudian mengarah kepada tujuan selanjutnya, yaitu agar memunculkan bibit-bibit pemuda yang memberikan aksinya untuk melindungi lingkungan sekitar sehingga memberikan dampak positif yang begitu besar bagi bumi yang kita tempati ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *