Webinar Kampus Biodiversitas 2020

Webinar Kampus Biodiversitas 2020
96
13 September 2021
Aplikasi Zoom

Keanekaragaman hayati adalah salah satu bentuk kekayaan alam berupa tumbuhan, satwa beserta ekosistemnya. Keunikan dan kekayaan biodiversitas tersebut dapat dimanfaatkan sebagai modal pembangunan dalam segala bidang, baik bidang kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi. Kampus IPB yang dicanangkan menjadi kampus biodiversitas merupakan kampus biodiversitas pertama di Indonesia.

 

Biodiversitas yang terdapat di kampus IPB berupa keanekaragaman flora, fauna, serta ekosistemnya. Hal ini dapat memberikan manfaat dalam segala bidang baik pendidikan, rekreasi, maupun kesehatan. Kampus IPB sebagai Kampus Biodiversitas mampu menjadi percontohan pengelolaan kawasan lindung oleh institusi pendidikan. Kampus IPB sebagai Kampus Biodiversitas dapat menjadi wadah pendidikan lingkungan untuk civitas IPB dan masyarakat umum.

Keanekaragaman jenis satwa yang ada di Kampus IPB Darmaga tidak lepas dari keberadaan ruang terbuka hijau yang tersebar di area kampus dengan luas total sekitar 267 hektar. Banyaknya ruang terbuka hijau di lokasi-lokasi tertentu memberikan banyak dampak positif bagi lingkungan, salah satunya keberadaan satwa. Keberadaan ruang terbuka hijau selain bermanfaat untuk meningkatkan kualitas lingkungan dari berbagai aspek, keberadaannya juga bermanfaat sebagai habitat satwa yang berada di Kampus IPB Darmaga.

 

Urbanisasi yang terus terjadi berisiko menurunkan keanekaragaman hayati akibat semakin tingginya aktivitas manusia yang dapat mengganggu keberadaan hidupan liar di wilayah Dramaga. Kampus IPB Darmaga, dengan ruang terbuka hijau yang ada, memiliki peran yang cukup penting bagi hidupan liar di wilayah Dramaga, contohnya sebagai tempat singgah atau habitat baru bagi satwa yang habitatnya terganggu. Hal ini memunculkan suatu fenomena gabungan antara proses urbanisasi dan adaptasi hidupan liar yaitu urban wildlife.

Himakova sebagai Himpunan Mahasiswa Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak pada berbagai bidang kajian, salah satunya mengenai Sosial dan Lingkungan. Himakova juga merupakan pelopor terbentuknya Kampus Biodiversitas yang dideklarasikan di Bogor, 22 April 2016 oleh Rektor Institut Pertanian Bogor periode 2012-2017, Prof. Dr. Ir. H. Herry Suhardiyanto, MSc. Sejak dideklarasikannya Institut Pertanian Bogor sebagai Kampus Biodiversitas, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun sebagai perayaan Kampus IPB Darmaga.

Dalam rangka merayakan keanekaragaman hayati Kampus IPB Darmaga, Himakova mengadakan Webinar Kampus Biodiversitas 2020 yang bertujuan sebagai sarana pendidikan bagi para pelajar, civitas akademika dan masyarakat umum guna membangkitkan semangat, kepedulian, kesadaran, dan menambah ilmu pengetahuan mengenai konservasi biodiversitas. Webinar ini mengangkat tema “Biodiversity is Our Identity” dengan bentuk kegiatan presentasi materi dan diskusi. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat mengenai pentingnya ruang terbuka hijau di lingkungan sekitar dan mengetahui upaya pelestariannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *