Walik Kembang | Black-naped Fruit-dove | Ptilinopus melanospilus

Kehutanan, Satwa
Walik Kembang | Black-naped Fruit-dove | Ptilinopus melanospilus
11 Februari 2023
393

Deskripsi Kunci:

21-27 cm. Jantan: kepala putih bertopi hitam, tenggorokan dan tungging kuning, ekor bawah merah. Betina: seluruh tubuh hijau tua.

Deskripsi Lengkap:

Ukuran: Sedang (21-27 cm).

Persebaran: Sunda Besar-Wallacea. 5(2). Penetap di Sumatra, Jawa dan Bali hingga Nusa Tenggara dan selatan Sulawesi (melanauchen), Natuna dan pulau-pulau kecil Kalimantan timur (bangueyensis), dengan beberapa catatan terbaru dari daratan utama Kalimantan Selatan kemungkinan juga berasal dari ras ini (PGA). Jarang (Sumatra dan Kalimantan), dan umum (Jawa, Bali), di hutan pantai, hutan perkebunan, perbukitan, hingga 1.600 m.

Ciri: Jantan: kepala putih bertopi hitam, tubuh hijau tua, tenggorokan dan tungging kuning, ekor bawah merah. Betina: seluruh tubuh hijau tua (melanauchen), tungging kuning, ekor bawah merah (bangueyensis). Suara: Dua nada “wuk-wuk”.

Kebiasaan: Sendiri atau berpasangan, di tajuk tengah. Perkembangbiakan: Tidak ada laporan untuk Sumatra. Oktober (Kalimantan), Februari-September dan Desember (Jawa). Sarang berupa tumpukan ranting, di percabangan dahan. 1 telur.

Spesies mirip: Lihat walik jambu.

Keterangan: Hanya ada dua catatan di Sumatra dari P. Tegel, Lampung, April 1976 dan TN Sembilang, April 2003 (Holmes 1977, Iqbal 2006), mengindikasikan upaya perluasan wilayah sebaran secara alami dari Jawa.

Sumber:
Taufiqurrahman, I., P.G. Akbar, A.A. Purwanto, M. Untung, Z. Assiddiqi, M. Iqbal, W.K. Wibowo, FN. Tirtaningtyas & D.A. Triana. 2022. Panduan lapangan burung-burung di Indonesia Seri I: Sunda Besar. Birdpacker Indonesia-Interlude: Batu.

Hak Cipta
Irwan Maulana
Nama
Nama Latin
Lokasi sebaran
Status konservasi
Manfaat
Fotografer
Irwan Maulana
KP3 Burung Forestation | UGM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2023-09-01
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *