Tringa totanus (Linnaeus, 1758)

Satwa
Tringa totanus (Linnaeus, 1758)
5 Oktober 2020
873

Bagan Percut, Deli Serdang merupakan salah satu lokasi pengamatan burung migran paling cocok. Terletak di pantai timur Sumatera yang tergolong landai dengan pantai berlumpur serta banyak sungai bermuara. Ketika matahari mulai muncul, Trinil Kaki Merah juga mulai terlihat berjalan di lumpur dangkal saat air laut surut. Tringa totanus (Scolopacidae) senang mengunjungi pantai berlumpur, rawa, tambak yang dikeringkan serta sawah yang tidak jauh dari pantai.

 

Trinil kaki merah memiliki ukuran sedang, kaki berwarna jingga kemerahan, paruh panjang di bagian pangkal berwarna merah. Tubuh bagian atas berwarna abu-abu kecoklatan, bagian bawah putih serta dada bercoreta coklat. Ekornya keseluruhan bergaris hitam dan putih.

 

Berbiak di Afrika dan Eurasia, pada saat musim dingin akan bergerak ke arah tropis terutama Asia Tenggara dan bagian utara Australia. Status burung migran ini dalam IUCN Res List tercatat masih Least Concern (LC).

 

Sumber :

MacKinnon, J., Phillipps, K. & Balen, B. van. 1992 . Burung-Burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Bogor ; Burung Indonesia.

The IUCN Red List of Threatened Species. 2016 . https://www.iucnredlist.org/species/22693211/86687799 diakses pada 5 Oktober 2020.

Hak Cipta
Yusran E. Ritonga
Nama
Nama Latin
Lokasi sebaran
Status konservasi
Manfaat
Fotografer
Yusran E. Ritonga
Biologi Pencinta Alam Sumatera Utara (Biota_Sumut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2023-09-01
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *