Tringa hypoleucos (Linnaeus, 1758)

Foto
Tringa hypoleucos (Linnaeus, 1758)
Satwa
345
5 Oktober 2020
Biologi Pencinta Alam Sumatera Utara (Biota_Sumut)
Fotografer
Yusran E. Ritonga
32
foto

Tidak tahu kapan Trinil Pantai ini mendarat di atas lumpur, tiba-tiba sudah lalu lalang meskipun matahari belum muncul. Berukuran kecil, tubuh berwarna coklat dan putih, paruh berukuran pendek. Bagian atas tubuh berwarna coklat, bagian bawah putih dan sayap terbang kehitaman. Iris berwarna coklat, paruh hitam serta kaki berwarna hijau zaitun.

 

Di Bagan Percut, Deli Serdang hanya sedikit terlihat Tringa hypoleucos (Scolopacidae) berada di sekitar lokasi pengamatan. Ukuran tubuh yang kecil serta lincahnya pergerakkannya menyulitkan pengamatan. Bisanya berada di sekitar pinggiran sungai, muara serta pantai berpasir dengan gerakan menyentak tanpa henti.

 

Berbiak di Afrika bagian utara serta Eurasia, dan pada saat musim dingin akan bermigrasi Ke Asia tropis hingga Australia. Dalam IUCN Red List, status burung migran ini masih Least Concern (LC).

 

Sumber :

MacKinnon, J., Phillipps, K. & Balen, B. van. 1992 . Burung-Burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Bogor ; Burung Indonesia.

The IUCN Red List of Threatened Species. 2016 . https://www.iucnredlist.org/species/22693264/86678952 diakses pada 5 Oktober 2020.

Hak Cipta: Yusran E. Ritonga
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *