Teh Cascara

Foto
Teh Cascara
Pertanian
144
30 Juni 2022
Universitas Tanjungpura
Fotografer
putripl_
29
foto

Indonesia merupakan negara penghasil dan eksportir kopi keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Menurut Angka Tetap Statistik Perkebunan Indonesia (Ditjen Perkebunan, 2015), produksi kopi Indonesia tahun 2014 tercatat sebesar 643.857 ton. Berdasarkan banyaknya jumlah kopi yang ada, maka pengolahan kopi akan menghasilkan banyak limbah sisa pengolahan. Limbah sisa pengolahan kopi biasanya berupa kulit dan daging buah.

Produk teh kulit buah kopi sendiri sebenarnya sudah beredar di pasaran internasional tetapi masih sangat jarang ditemukan di Indonesia karena kurangnya pengetahuan dan minat masyarakat tentang keberadaan produk teh kulit buah kopi. Produk teh kulit buah kopi dikenal dengan sebutan cascara. Menurut (Carpenter, 2015), teh cascara memiliki rasa manis dan aroma yang khas seperti teh herbal dengan aroma seperti buah mangga, buah ceri, kelopak mawar bahkan asam Jawa.

Cascara adalah teh yang terbuat dari kulit kopi, selain rasanya yang menyegarkan teh cascara juga dikenal dengan aromanya yang khas. Rasa yang dihasilkan oleh teh tersebut bergantung pada cara penanaman, cara memanen dan proses pengolahan kopi. Manfaat dari teh cascara ini adalah melindungi lambung, menambah energi, mencegah penyakit jantung, mengencangkan kulit.

Hak Cipta: PUTRI LESTARI
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *