Stachytarpheta jamaicensis

Flora, Kehutanan, Tumbuhan, Tumbuhan Obat
Stachytarpheta jamaicensis
11 Februari 2024
54

Stachytarpheta jamaicensis merupakan salah satu spesies di dalam Famili Verbenaceae yang banyak dijumpai di alam dan tumbuh secara liar. Tumbuhan tersebut banyak ditemukan di wilayah tropis Amerika dan hutan subtropis di Afrika, Asia dan Oceania.

S. jamaicensis tergolong ke dalam rumput-rumputan herbaceous dengan tinggi sekitar 60-120 cm. Batang S. jamaicensis bertekstur halus, bewarna hijau gelap, dan bagian pangkal batangnya sedikit berkayu. Daun S. jamaicensis bewarna hijau keabu-abuan (greyish green), duduk daun berhadapan, pertulangan daun menyirip, tepi daun bergigi. Bunga dari S. jamaicensis memiliki warna yang mencolok berupa warna ungu atau biru gelap yang keluar dari tonjolan-tonjolan pada tangkai (sumbu) bunga yang berbentuk seperti ekor.

S. jamaicensis memiliki beberapa aktivitas biologis yang dihasilkan karena mengandung banyak metabolit sekunder (alkaloid, flavonoid, fenol, steroid, dan terpenoid). Oleh karena itu, tumbuhan tersebut kerap dimanfaatkan oleh masyarakat luas sebagai obat-obatan tradisional untuk mengatasi penyakit sistem respiratoria (batuk, asma, bronkitis). Selain itu, S. jamaicensis juga digunakan untuk mengobati penyakit autoimun. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak air dari tumbuhan tersebut dapat mengobati  penyakit lupus eritematosus.

Hak Cipta
yundaarifka_fr
Nama
Pecut kuda, Jolok Cacing, Selasih Dandi, Ekor Tikus, Gervao, Brazilian Tea, Blue Porterweed
Nama Latin
Stachytarpheta jamaicensis
Lokasi sebaran
Wilayah tropis Amerika dan hutan subtropis di Afrika, Asia dan Oceania
Status konservasi
Least Concern (LC)
Manfaat
Obat tradisional
#plant, #plantbiodiversity, #verbenaceae
Fotografer
yundaarifka_fr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2024-02-21
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *