Srigunting kelabu | Ashy Drongo | Dicrurus leucophaeus

Ekowisata, Kehutanan, Satwa
Srigunting kelabu | Ashy Drongo | Dicrurus leucophaeus
10 Februari 2023
333

Deskripsi Kunci

29 cm. Abu-abu, ekor panjang menggarpu dalam.

Deskripsi Lengkap

Ukuran: Sedang (29 cm).

Persebaran: Afganistan sampai Cina, Asia Tenggara, Palawan, Sunda Besar. 14(7). Di Sumatra bagian utara dari Aceh sampai dataran tinggi Batak (batakensis); Sumatra bagian tengah dan Selatan (phaedrus); Siberut (siberu); P. Sipora dan Pagai (periophthalmicus); Simeulue (celaenus), Kalimantan (stigmatops); Jawa dan Bali (leucophaeus). Umum di hutan terbuka, perbukitan, dan pegunungan dari 600-2.500 m.

Ciri: Abu-abu seragam dengan kekang dan dagu yang lebih gelap; ekor tipis panjang menggarpu dalam, tidak melengkung ke atas. Ras stigmatops ekor lebih pendek, bulu sedikit lebih pucat, dengan kekang dan noda keputihan memanjang di sekitar mata; phaedrus noda di sekitar mata lebih kecil; batakensis ekor lebih pendek, mukanya kurang putih dan bulu sedikit lebih gelap; celaenus lebih gelap, ekor lebih menggarpu dalam; periophthalmicus noda wajah putih besar, bulu pucat; siberu seperti periophthalmicus tetapi sedikit lebih gelap dengan noda wajah tidak luas. Iris jingga, paruh hitam abu-abu, kaki hitam.

Suara: Nyanyian keras jernih “hiur-iur-celiu” atau “wii- piit, wii-piit”.

Sumber:

Taufiqurrahman, I., P.G. Akbar, A.A. Purwanto, M. Untung, Z. Assiddiqi, M. Iqbal, W.K. Wibowo, FN. Tirtaningtyas & D.A. Triana. 2022. Panduan lapangan burung-burung di Indonesia Seri I: Sunda Besar. Birdpacker Indonesia-Interlude: Batu.

Hak Cipta
Irwan Maulana
Nama
Nama Latin
Lokasi sebaran
Status konservasi
Manfaat
Fotografer
Irwan Maulana
KP3 Burung Forestation | UGM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2023-09-01
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *