Salvia splendens

Flora, Kehutanan, Tumbuhan, Tumbuhan Obat
Salvia splendens
20 Februari 2024
122

Salvia splendens adalah salah satu spesies yang diklasifikasikan ke dalam Famili Lamiaceae (labiatae). S. splendens termasuk tumbuhan perennial yang berasal dari Brazil. Tumbuhan tersebut umumnya dapat ditemukan di suatu wilayah dengan rentang ketinggian 2000-3000 mdpl dengan angka humiditas yang tinggi. Hingga saat ini, S. splendens tersebar luas sampai ke beberapa negara di Asia (India, China, Indonesia). Nama genus Salvia berasal dari Bahasa Latin Salvus yang berarti “Selamat (safe)“, “seluruh (whole)“, dan “Kesehatan (health)“. Sementara itu, nama spesies splendens merujuk pada morfologi bunga tersebut yang bagus dan bewarna merah terang.

MORFOLOGI
Habitus : semak
Batang : herbaceous, bewarna hijau, arah tumbuh tegak
Daun : unggal, daun tidak lengkap (hanya lamina & petiolus), berbentuk bulat telur (ovatus),  Duduk daun berhadapan, bewarna hijau, ujung meruncing, pangkal daun tumpul, tepi daun bergerigi, bewarna hijau.
Bunga : berbentuk lonceng dengan 2 bibir corolla, bewarna merah terang, flos terminallis.

Oleh karena bentuk dan warna bunga yang indah juga menarik perhatian serta periode pembungaannya yang tergolong panjang, S. splendens banyak dikultivasi dan dimanfaatkan sebagai tanaman dekoratif pada taman atau lahan terbuka hijau lainnya. Selain itu di beberapa negara, S. splendens digunakan sebagai obat tradisional. Hal tersebut disebabkan oleh aktivitas biologis dari tumbuhan tersebut, yang meliputi anti-bakteri, fungistatik, virustatik, dan astringent.

Hak Cipta
yundaarifka_fr
Nama
Scarlet sage, red salvia
Nama Latin
Salvia splendens
Lokasi sebaran
Amerika Selatan, Asia
Status konservasi
-
Manfaat
Tanaman hias, obat tradisional
#botany, #lamiaceae, #plant, #plantbiodiversity
Fotografer
yundaarifka_fr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2024-03-03
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *