Sale Pisang merupakan makanan tradisional Indonesia

Ekowisata, Ketahanan Pangan, Pangan Lokal
Sale Pisang merupakan makanan tradisional Indonesia
15 Maret 2024
188

Salai pisang atau Sale pisang adalah makanan hasil olahan pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan, kemudian dipotong iris-iris dan dijemur. Salai pisang dikenal mempunyai rasa dan aroma khas yang cenderung lebih manis. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang, sehingga pisang Salai lebih tahan lama. Pisang Salai ini selain digoreng menggunakan tepung terigu, bisa juga langsung dimakan sebagai camilan. Saat ini, Salai pisang juga dijual dalam berbagai varian rasa, dan telah menembus pasar internasional.

Salai pisang merupakan makanan asli dari Aceh, tetapi dalam perkembangannya, banyak kota lain seperti Karang Pucung dan Majenang yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu Salai pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Salai yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungku).

Hak Cipta
Ini saya foto di dekat rumah saya
Nama
Salai Pisang atau Sale Pisang
Nama Latin
Musa acuminata × balbisiana
Lokasi sebaran
Jawa, Aceh, Kalimantan
Status konservasi
Bukan makanan yang langka
Manfaat
kaya akan vitamin serta bergizi
#jawa, #plant, #plantbiodiversity
Fotografer
Jajang14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2024-03-15
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *