Passiflora edulis

Flora, Pangan Lokal, Tumbuhan
Passiflora edulis
9 Februari 2024
59

Passiflora edulis atau yang dikenal sebagai markisa merupakan salah satu spesies di dalam Famili Passifloraceae yang umumnya banyak tumbuh di pekarangan rumah, kebun. Tumbuhan tersebut berasal dari daerah tropis dan subtropis di Benua Amerika. Saat ini, P. edulis telah banyak tersebar hingga Benua Asia.

Passiflora edulis termasuk salah satu tumbuhan yang tumbuh menjalar atau memanjat, herba, menahun. P. edulis memiliki sistem perakaran tunggang. Batang P. edulis memiliki bentuk bersegi (segi empat), herbaceous, permukaan licin dan tumbuh memanjat. Daun P. edulis bewarna hijau, bentuk bulat, ujung runcing, tepi daun bergerigi. Bunga pada P. edulis menjadi salah satu karakter khas karena berbentuk seperti cakram bergradasi. Mahkota tambahan pada bungannya bewarna ungu dan putih. Buah P. edulis saat muda bewarna hijau berbentuk bulat agak lonjong dan memiliki bintik-bintik putih pada permukaannya.

Buah Passiflora edulis banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Selain itu, P. edulis juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sirup.

Hak Cipta
yundaarifka_fr
Nama
Markisa
Nama Latin
Passiflora edulis
Lokasi sebaran
Wilayah tropis dan Subtropis Benua Amerika, Asia
Status konservasi
-
Manfaat
Bahan pangan (buah-buahan)
#edibleplants, #passifloraceae, #plant, #plantbiodiversity
Fotografer
yundaarifka_fr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2024-02-21
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *