Pareas carinatus (ular siput)

Foto
Pareas carinatus (ular siput)
Satwa
46
7 September 2021
IPB University
Fotografer
Armo
17
foto

[HERPETOFAUNA KITA]

Hey semua, kenalin ini teman aku namanya Pareas carinatus atau biasa dipanggil ular siput. Ular ini lebih dikenal dengan nama Keeled Slug-Snake. Ular ini bisa ditemuin loh di kampus IPB Dramaga, bahkan masih banyak lagi spesies lain yang bisa ditemuin, nantikan aja cerita satwa kampus yang lain.

Jadi, Kenapa sih namanya kok ular siput? Padahal ngga mirip siput. Diberi nama demikian karena memang makanan utama ular ini adalah siput teman teman. Ular ini pula gerakannya agak lambat dibanding ular lain, oleh sebab itu orang-orang memanggilnya ular siput. Bagaimana sih bedain ular siput ini dengan ular lain, tenang kawan, ngga susah kok. Kita bisa liat dari bentuk tubuh, sisik, bentuk kepala, juga habitatnya. Ular ini memiliki ciri khas kepalanya berbentuk agak kotak membundar dengan mata agak besar.

Walau kelihatannya ular ini menyeramkan, namun dia itu sangat jinak loh bahkan dia nggak menggigit kawan kawan. Namun tetap ingat ular juga hewan liar, apabila ia merasa terancam dia akan menarik lehernya kebelakang membentuk huruf S untuk menakuti. Jadi walau kita tahu bahwa ia itu ular yang jinak, kita harus tetap waspada dalam menanganinya, karena takutnya kita salah dalam membedakan ular tersebut. Intinya setiap bertemu dengan ular, baik yang kalian tahu atau tidak, kalian tetap harus hati-hati dan sebisa mungkin tidak mengganggunya. Karena hewan juga punya insting untuk menghindari manusia. Bagaimana teman-teman? Sudah tambah ilmunya belom? Jangan sedih, lain waktu akan ada satwa jenis lain yang kita bahas. Tetap sayangi dan kenali satwa disekitar kita yaa teman teman, sampai jumpa lain waktu 😊😄 .

#reptilindonesia #kphhimakova #reptileindonesia #kampusbiodiversitas #himakovaipb #amfibireptilkita

Hak Cipta: Armo
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *