Mengenal Rhodomyrtus tomentosa

Foto
Mengenal Rhodomyrtus tomentosa
Flora
48
22 November 2022
Universitas Tanjungpura
Fotografer
putripl_
37
foto

Karimunting atau Rhodomyrtus tomentosa adalah tumbuhan termasuk dalam suku jambu-jambuan yang dapat tumbuh di berbagai tipe tanah baik tanah yang mengandung kadar garam tinggi seperti di tepi pantai, juga banyak tumbuh di dataran rendah, daerah yang panas, maupun daerah yang lembab. Tumbuhan karimunting dapat beradaptasi terhadap kebakaran dengan artian cepat tumbuh kembali. Karimunting merupakan perdu yang tumbuh cepat, pada umumnya tinggi karimunting 1-1,5 meter bahkan dapat mencapai 4 meter, memiliki daun berwarnahijau saling berhadapan dengan bentuk daun oval, tepi rata dan tulang daun berjumlah 3 dari pangkal. Panjang daun sekitar 5-7cm dan lebarnya 2-3cm.

Buah karimunting merupakan buah beri berbentuk lonjong panjang sekitar 1-1,5 cm dan lebarnya sekitar 1 cm,
dengan calyx yang persisten. Buah yang masih muda berwarna hijau dan rasanya kelat (getir), sedangkan yang masak berwarna merah ungu sampai hitam dan rasanya manis.

Manfaat buah karimunting untuk pengobatan tradisional di Singapura masyarakat Chinese menggunakan daun karimunting untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri, sedangkan akarnya digunakan untuk mengatasi perih atau sesak yang disebabkan oleh asam lambung dan bijinya sebagai tonikum untuk saluran cerna.

Sumber: http://repository.unas.ac.id/441/1/Buku-erna-Karamunting-2019-ok-compressed-ok.pdf

Hak Cipta: PUTRI LESTARI
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *