Komodo, Reptil Yang Sudah Lama Tinggal di Bumi

Foto
Komodo, Reptil Yang Sudah Lama Tinggal di Bumi
59
26 Agustus 2021
LSPR Communication & Business Institute
Fotografer
fiolitamedina
11
foto

Siapa sih dari kalian yang tidak tahu Komodo. Komodo merupakan hewan khas negara Indonesia yang bisa kalian temui di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Komodo disebut-sebut sudah berada di bumi ini sejak zaman prasejarah loh guys! Diperkirakan sekitar 30 juta tahun yang lalu.

 

Berdasarkan buku “Panduan Sejarah Ekologi Taman Nasional Komodo" oleh Arnaz Mehta Erdmann, terdapat teori yang menyatakan bahwa hewan satu ini berasal dari Asia atau Australia dan bermigrasi dari Australia Kepulauan Timur Indonesia sekitar 900.000 tahun yang lalu.

 

Penelitian oleh jurnal PLOS One pada tahun 2009 menyebutkan bahwa proses migrasi ini diduga karena adanya ketinggian air laut yang lebih rendah 85 meter dibandingkan dengan kondisi di abad ke-21, sehingga memudahkan Komodo untuk bermigrasi ke pulau-pulau lainnya.

 

Salah satu fakta unik mengenai komodo juga adalah jenis betinanya yang dapat berkembangbiak tanpa kawin. Komodo betina dapat bereproduksi secara aseksual melalui proses yang disebut partenogenesis, jadi jika tidak ada jantan komodo betina masih bisa bertelur. Unik yaa hewan satu ini! 

 

Referensi:

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5653659/5-fakta-komodo-hewan-khas-yang-ada-di-negara-indonesia

https://amp.kompas.com/skola/read/2020/01/01/180000069/komodo-hewan-asli-indonesia-yang-dilindungi

Hak Cipta:
1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *