Impatiens flaccida

Bioprospeksi, Flora, Kehutanan, Tumbuhan, Tumbuhan Obat
Impatiens flaccida
17 Februari 2024
127

Impatiens flaccida merupakan salah satu spesies di dalam Famili Balsaminaceae. Nama genus Impatiens berasal dari Bahasa Inggris “Impatient” yang dalam hal ini merujuk pada ciri khas dari Impatiens yang bersifat eksplosif, ditandai dengan biji yang keluar dan tersebar. Spesies tersebut berasal dari wilayah India dan Srilanka. I. flaccida kini tersebar di wilayah tropis dan subtropis . I. flaccida umunya banyak ditemukan di hutan, kebun, lereng dan tepi jalan.

I. flaccida termasuk tumbuhan yang berhabitus herba dengan arah tumbuh yang tegak dan bersifat perennial. Batangnya bewarna hijau sampai kemerahan, cenderung basah dan lunak dengan tinggi rata-rata berkisar antara 20-40 cm. Daun dari I. flaccida berbentuk ovatus-lanset dengan pola duduk daun berselang-seling. Bunga dari Genus Impatiens umumnya menjadi ciri khas karena warnanya yang mencolok dan menarik perhatian. I. flaccida umumnya memiliki petal yang bewarna merah muda hingga ungu dan bersifat sangat rapuh.

I. flaccida umumnya bermanfaat sebagai tanaman hias. Selain itu, tumbuhan tersebut juga dapat dikonsumsi oleh manusia terutama sebagai obat-obatan (rematik, patah tulang). Hal tersebut dikarenakan pada Impatiens ditemukan beberapa senyawa biaktif seperti flavonoid, asam fenolik, coumarins, quinon, saponin dan terpen.

 

 

 

Hak Cipta
yundaarifka_fr
Nama
Pink Orchid Balsam
Nama Latin
Impatiens flaccida
Lokasi sebaran
Tropis dan Subtropis
Status konservasi
-
Manfaat
Tanaman hias, obat-obatan
#balsaminaceae, #botany, #plantbiodiversity, #plants
Fotografer
yundaarifka_fr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2024-03-03
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *