Eco-enzyme

Foto
Eco-enzyme
Tata Kelola Sampah
137
30 Juni 2022
Universitas Tanjungpura
Fotografer
putripl_
29
foto

Sampah sudah menjadi masalah umum yang ditemui di kota-kota besar di berbagai dunia, tak terkecuali di Indonesia. Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, timbulan sampah di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 27,780,389.07 (ton/tahun) dan komposisi sampah terbesar dari sisa makanan sebesar 45.790255 (29.97%).

Sampah rumah tangga merupakan jenis sampah yang turut andil dalam pencemaran lingkungan. Pengelolaan sampah organik belum dilakukan dengan baik dan masih banyak masyarakat yang membuangnya ke lahan kosong, saluran air, atau dibakar. Padahal, sampah organik jika bisa dikelola dengan baik dapat sangat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.

Pada dasarnya, eco enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna menggunakan sampah buah atau sayuran. Enzim dari “sampah” ini adalah salah satu cara manajemen sampah yang memanfaatkan sisa-sisa sampah rumah tangga untuk sesuatu yang sangat bermanfaat. Cairan ini bisa menjadi pembersih rumah, maupun sebagai pupuk alami dan pestisida yang efektif.

Karena kandungan dalam eco enzyme memiliki banyak cara untuk membantu siklus alam seperti memudahkan pertumbuhan tanaman (sebagai fertilizer), mengobati tanah dan juga membersihkan air yang tercemar. Selain itu bisa juga ditambahkan ke produk pembersih rumah tangga seperti shampoo, pencuci piring, deterjen, dll.

 

Hak Cipta: PUTRI LESTARI
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *