Damar (Agathis Dammara)

Foto
Damar (Agathis Dammara)
Flora, Kehutanan
635
17 Februari 2022
UGM/Mapagama
Fotografer
Cikavca
12
foto

Damar (Agathis Dammara)

Agathis dammara (Lamb.) Rich. yang dikenal sebagai pohon damar. Pohon damar merupakan salah satu anggota tumbuhan runjang. Pohon ini merupakan pohon yang berasal dari Indonesia dengan sebaran di daerah hutan Jawa, Maluku, Sulawesi, hingga Palalawan dan Samar di Filipina.

Taksonomi pohon damar sebagai berikut :

Kingdom  : Plantae
Divisi        : Pinophyta
Kelas         : Pinopsida
Ordo         : Pinales
Famili       : Araucariaceae
Genus       : Agathis
Spesies     : A. dammara

Damar dapat bertumbuh kembang di hutan hujan dataran rendah dengan ketinggian yang sesuai sekitar 1.200 mdpl. Berdasarkan hasil dokumentasi terkait daun damar diketahui bahwa daunnya berbentuk jorong, pipih dan juga tebal.berukuran 6-8 cm x 2-3 cm meruncing ke arah ujung yang membundar. Daun pohon damar merupakan slah satu jenis daun tunggal yang letaknya berpasangan. Tepi daun sedikit runcing dengan tekstur rata dan memiliki pertulangan daun menyirip. Daunnya berwarna hijau dan mengkilap (Wanaswara.com).

Bunga damar memiliki kelamin terpisah antara betina dan jantan. Bunga jantan terletak di ujung daun dengan tangkai pendek. Bentuk bunganya silinder dengan diameter 15 mm dan panjang 3-5 cm. Sedangkan pada bunga betina, memiliki ukuran diameternya sekitar 6-7 cm dengan panjang 6-8 cm. Permukaan kedua bunga baik betina maupun jantan ditutupi sisik yang tersusun rapi. Buah damar berbentuk bulat telur seperti konus pinus (Wanaswara.com).

Selain itu, pohon damar menghasilkan resin yang sering disebut dengan kopal. Resin damar dihasilkan dari kulit atau pepagan yang terluka, baik secara sengaja maupun tidak. Resin tersebut dapat diproduksi sebagai kosmetik, tekstil, cat, tinta, kaca, korek api, dupa, dan sebagainya (Rimbakita.com). Kayu damar berwarna keputih-putihan, tidak awet, dan tidak seberapa kuat. Kerapatan kayunya berkisar selang 380–660 kg/m³. Nama kayu perdagangan damar di Indonesia yaitu kayu agatis (Buku Ensiklopedi).

Sumber :

  1. Rimbakita.com (https://rimbakita.com/damar/)
  2. Buku Ensiklopedi (http://p2kp.stiki.ac.id/id3/2-3060-2956/Damar_104063_p2kp-stiki.html)
  3. Wanaswara.com (https://wanaswara.com/mengenal-pohon-damar-flora-asli-indonesia/#:~:text=Daun%20dari%20pohon%20damar%20merupakan,2%2D3%2C5%20cm.)
Hak Cipta: take by : Cikavca Lokasi : Hutan Kota Salatiga
1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *