Chlidonias leucopterus (Temminck, 1815)

Foto
Chlidonias leucopterus (Temminck, 1815)
Satwa
238
5 Oktober 2020
Biologi Pencinta Alam Sumatera Utara (Biota_Sumut)
Fotografer
Yusran E. Ritonga
32
foto

Dara Laut Sayap Putih terbang berkelompok membentuk formasi 'V' dan kadang tidak beraturan, saat mendarat sering bergabung denagn Dara Laut Kumis. Pagi hari saat surut di pantai Bagan Percut, Deli Serdang, Chlidonias leucopterus (Sternidae) ini terlihat dengan jumlah sangat banyak mencari makan di hamparan lumpur, sesekali bertengger di atas kayu, bambu atau tembok yang berada di tepi pantai.

 

Berukuran kecil, ekor sedikit menggarpu. tubuh bagian atas berwarna abu-abu saat tidak musim kawin, kepala bagian belakang berbintik hitam. Bagian dada berwarna putih, iris berwarna coklat gelap, paruh hitam dan kaki jingga kemerahan.

 

Saat berbiak, burung-burung ini berada di Eropa bagian selatan, Asia bagian utara serta Rusia. Pada saat musim dingin akan bermigrasi ke Afrika bagian selatan serta Asia Tenggara hingga Australia dan Selandia Baru. Dalam IUCN Red List status Dara Laut Sayap Putih ini masih Least Concern (LC).

 

Sumber :

MacKinnon, J., Phillipps, K. & Balen, B. van. 1992 . Burung-Burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Bogor ; Burung Indonesia.

The IUCN Red List of Threatened Species. 2016 . https://www.iucnredlist.org/species/22694782/86772583diakses pada 5 Oktober 2020.

Hak Cipta: Yusran E.Ritonga
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *