Bunga Senduro, Bunga Abadi Khas Jawa

Foto
Bunga Senduro, Bunga Abadi Khas Jawa
Flora, Kehutanan
63
26 Agustus 2021
LSPR Communication & Business Institute
Fotografer
fiolitamedina
11
foto

Bunga Senduro atau Anaphalis javanica (Edelweis Jawa) merupakan suatu tanaman endemik yang tumbuh subur di berbagai daerah pegunungan Indonesia. 

 

Pastinya, kalian yang memiliki hobi mendaki sering kali melihat kecantikan bunga ini! Bunga yang dijuluki sebagai bunga abadi ini umumnya tumbuh tidak lebih dari 1 meter, namun dalam kondisi tertentu tingginya bisa mencapai 8 meter dengan batang pohonnya yang sebesar kaki manusia.

 

Bunga ini banyak kita temui di daerah pegunungan karena habitatnya yang berada di 2.000 meter di atas permukaan laut, tergantung pula pada kelembapan suhu dan udaranya. Tetapi, tidak jarang juga kita melihat bunga ini mampu hidup di tanah yang tandus dan menjadi tumbuhan pelopor pada tanah vulkanik di pegunungan.

 

Hal yang unik dari bunga ini pula adalah hormon etilen yang terkandung didalamnya. Hormon ini dapat mencegah kerontokan kelopak bunga, bahkan sampai 10 tahun lho! Maka dari itu julukan bunga abadi kerap melekat pada bunga satu ini.  Namun, kalian tidak bisa memetik bunga ini sembarangannya yaa, karena sudah ada peraturan yang melindungi populasi bunga Edelweis yaitu undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem sesuai pasal 33 ayat 1.

 

Referensi:

https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/intan-deviana-safitri/14-fakta-anaphalis-javanica-si-bunga-edelweis-simbol-cinta-abadi-c1c2/14

Hak Cipta:
1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *