Bondol-hijau Binglis | Pin-tailed Parrot-finch (Erythrura prasina)

Foto
Bondol-hijau Binglis | Pin-tailed Parrot-finch (Erythrura prasina)
Satwa
3383
24 Juni 2015
Yayasan Kanopi Indonesia
Fotografer
Arif Rudiyanto
7
foto

Bondol-hijau Binglis | Pin-tailed Parrot-finch | Erythrura prasina

     

     Burung Bondol-hijau Binglis atau Erythrura parasina  memiliki nama yang berbeda-beda di berbagai daerah seperti Glatik ngunguk (Sunda), Pipit lansi (Dayak Iban), Rannas, Tarahan, Terahan (Sumatera). Burung ini berukuran kecil  dengan panjang 15 cm (termasuk ekor yang panjang pada jantan). Pada individu jantan memiliki ciri yaitu tubuh bagian atas hijau; muka biru; tubuh bagian bawah kuning tua dengan bercak merah di tengahnya; tunggir dan perpanjangan ekor merah. Sedangkan pada individu betina memiliki ciri yaitu kepala kehijauan; ekor lebih pendek.  Komposisi warna yang berbeda juga kadang ditemukan yaitu warna merah digantikan warna kuning emas. Pada burung remaja memiliki ciri yaitu warna tunggir coklat. Iris gelap; paruh abu-abu; kaki merah.

     Secara global burung Bondo;l Binglis ini tersebar di wilayah Thailand, Laos, Semenanjung Malaysia, dan Sunda Besar. Terdiri atas dua sub-spesies dengan daerah persebaran:

  1. Erythrura parasina ssp. prasina ( Sparrman, 1788) – Thailand, Myanmar selatan (Tenasserim), Semenanjung Malaysia, Kamboja selatan, Laos bagian utara & tengah, Vietnam (Annam bagian selatan & tengah, Cochinchina utara), Sumatra and Java.
  2. Erythrura parasina ssp. coelica Stuart Baker, 1925 – Kep. Filipina bagian barat (Palawan selatan) dan Kalimantan.

    Burung ini hidup dalam kelompok kecil yang berbaur dengan jenis-jenis burung bondol (pipit) yang lain, mencari makan di sawah padi dan sering tinggal dalam rumpun bambu pada dataran rendah dan perbukitan sampai ketinggian 1200 mdpl. Sering berpindah sesuai musim panen padi dan dianggap dapat menimbulkan kerugian panen padi.  

   Selama melakukan dokumentasi wildlife, saya menjumpai jenis burung ini membawa material sarang di lereng  bukit Plawangan, Sleman, Yogyakarta. Berdasarkan informasi, burung ini dijumpai juga di Tahura Raden Soeryo, Malang, Jatim. Selain itu juga ada catatan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor mengenai jenis burung ini, dan dari semua perjumpaan memiliki karakter daerah yang sama yaitu dataran tinggi. 

 

Sumber :

  1. http://www.kutilang.or.id/2012/01/04/bondol-hijau-binglis/
  2. http://www.finchinfo.com/birds/finches/species/pin_tailed_parrot_finch.php
  3. http://www.birdlife.org/datazone/speciesfactsheet.php?id=8684
Hak Cipta:
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *