Bidens pilosa

Flora, Kehutanan, Tumbuhan, Tumbuhan Obat
Bidens pilosa
11 Februari 2024
53

Bidens pilosa merupakan salah satu spesies tumbuhan yang diklasifikasikan ke dalam Kelas Magnoliopsida, Ordo Asterales, Famili Asteraceae, dan Genus Bidens. B. pilosa memiliki nama lokal bunga ketul yang berhabitat di pinggir jalan, pekarangan rumah, padang rumput, tanah kosong dan ruang terbuka perkotaan.

B. pilosa termasuk yang berhabitus herba. Batang tumbuhan tersebut bercabang, arah tumbuh tegak, berbentuk persegi dengan tinggi mencapai 120 cm. Daunnya berjenis daun majemuk menyirip, bulat telur atau lanset,letak daun berseberangan, tepi daun bergerigi. Bunga kecil, bewarna kuning (disc florets) dan putih (ray florets) dengan diameter 5-15 cm. Buah nya bertipe buah kering.

 

B. pilosa memiliki banyak senyawa bioaktif seperti antioksidan, antikanker, antibakteri, dan immunomodulator. B. pilosa memiliki sifat invasif sehingga sering dianggap sebagai gulma. Tumbuhan tersebut memiliki berbagai manfaat seperti sebagai tanaman hias, tanaman obat yang dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit.

Hak Cipta
yundaarifka_fr
Nama
Ketul
Nama Latin
Bidens pilosa
Lokasi sebaran
Tropis
Status konservasi
-
Manfaat
Tanaman hias, tanaman obat
#asteraceae, #plant, #plantbiodiversity
Fotografer
yundaarifka_fr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2024-02-21
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *