Anggrek Tebu, Spesies Anggrek Terbesar di Dunia

Foto
Anggrek Tebu, Spesies Anggrek Terbesar di Dunia
82
26 Agustus 2021
LSPR Communication & Business Institute
Fotografer
fiolitamedina
11
foto

Kalian pasti familiar dengan bunga Anggrek. Bunga yang sering sekali dijadikan hiasan karena warna dan bentuknya yang indah. Namun, kalian tahu gak bahwa ada spesies anggrek terbesar di dunia yang bernama Anggrek Tebu? Anggrek tebu dengan nama latin Grammatophyllum speciosum merupakan bunga Anggrek yang memiliki ukuran besar dengan kisaran tinggi yang mencapai 3 meter, rumpun angreknya yang berdiameter 4 meter, dan besaran bunga sekitar 10cm. Beratnya pun bisa sampai 1 ton lho!

 

Selain di memiliki nama anggrek tebu, anggrek ini juga seringkali disebut anggrek macan karena corak bunganya yang memiliki totol-totol hitam seperti motif kulit macan. Dengan warna bunganya yang kuning dan bintik-bintik coklat atau merah kehitaman di tengahnya.

 

Untuk tumbuh, Anggrek ini memerlukan sinar matahari langsung. Kalian dapat menemukan anggrek ini di percabangan pohon besar, namun anggrek sendiri tidak akan merugikan pohon besar tersebut karena anggrek merupakan tumbuhan epifit atau menumpang hidup di tumbuhan lain namun tidak merugikan. Persebaran bunga ini di Indonesia ada di wilayah Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

 

Anggrek Tebu juga merupakan tanaman yang dilindungi berdasarkan PP Republik Indonesia No. 7 tahun 1999, pada 27 Januari tahun 1999. Hal ini diakibatkan oleh ancaman perburuan liar dan kerusakan habitat akibat alih fungsi lahan yang terjadi di Indonesia. Namun, jika kalian ingin melihatnya kalian bisa kok mengunjungi Konservasi Anggrek Tebu di Kebun Raya Bogor.

 

Referensi:

https://wanaswara.com/mengenal-anggrek-tebu-anggrek-terbesar-di-dunia/

 

Hak Cipta:
1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *