Spesies Anggrek Baru Ditemukan di Papua

Spesies Anggrek Baru Ditemukan di Papua
6 November 2018
1397

Tanah Papua menyimpan begitu banyak keindahan. Salah satunya menjadi tempat hidup bagi 2000 hingga 3000 jenis anggrek. Oleh karena itu, Papua diyakini memiliki banyak keragaman anggrek di dunia setelah Pegunungan Andes. Belum lama ini ditemukan anggrek jenis baru di perbatasan Kabupaten Kerom, Papua.

Bunga endemik tersebut ditemukan oleh Eduard De Vogel, Dewan Penasehat Yayasan Pendidikan Alam Papua (Yadikap) bersama dengan Daawia Suhartawan (dosen Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Cendrawasih), Charlie Heatbun (akademisi dari Universitas Papua dan juga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat), serta Eline Hoogendjik (Naturalis Biodiversity Center dan Hortus Botanicus, Leiden University). Anggrek yang memiliki mahkota epifit tersebut kemudian diberi nama Bulbophyllum irianae.

Nama Irianae diambil dari nama istri Presiden RI Joko Widodo yakni Iriana. Pemberian nama tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada Iriana karena telah ikut mendorong dan mendukung pembangunan Papua dan Papua Barat.

 

Sumber: http://www.mongabay.co.id/2018/10/30/bulbophyllum-irianae-spesies-anggrek-baru-di-papua/

 

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *