Si Naga Tebang Spesies Baru dari Papua

Si Naga Tebang Spesies Baru dari Papua
9 November 2019
1013

Satu lagi spesies baru bunga anggrek menambah daftar keragaman anggrek indonesia. Berasal dari Papua Barat, anggrek ini memiliki petal dan bibir bunga yang mirip dengan kepala naga. Sehingga dia dinamai nagataksaka sebagai nama spesiesnya. Taksaka merupakan nama naga dalam kisah Mahabharata.

Masuk dalam genus Dendrobium, si anggrek baru memiliki bunga nan cantik. Bunga berwarna putih hingga putih keunguan dengan garis-garis warna ungu hingga merah muda di sepanjang bibir bunga. Sepasang petalnya menjulang tegak seperti tanduk berpilin dengan bibir bunga panjang menjulur. Setiap kuntum bunga memiliki tinggi sekitar 5.5-6.0 cm dan lebar 3.0-3.5 cm. Dalam satu pohon bisa terdapat hingga 22 kuntum bunga yang mekar serentak saat musimnya.

Baca juga: Anggrek Hitam yang Tidak Berwarna Hitam

Dendrobium nagataksaka tumbuh di hutan dataran rendah provinsi Papua Barat. Dia termasuk anggrek epifit yang tumbuh menumpang di batang pohon. Tingginya mencapai 83 cm dan diameter hampir 2 cm. Bunga cantik ini berhasil ditemukan oleh peneliti dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan telah dipublikasikan lewat jurnal Phytotaxa September 2019.

Referensi: KompasLIPIPhytotaxa

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *