Si Kuning Bersel Satu yang Bisa Belajar

Si Kuning Bersel Satu yang Bisa Belajar
27 Desember 2019
3337

Teduh, dingin, dan lembab adalah lingkungan yang disukai Blob, si jamur lendir kuning yang tinggal di hutan. Dia memang tampak seperti jamur, tetapi sebenarnya adalah jenis protista yang disebut myxomycota. Protista adalah organisme selain tumbuhan, hewan atau jamur. Si kuning bernama ilmiah Physarum polycephalum ini bersel tunggal dan tidak ada otak tetapi ia bisa menyelesaikan teka-teki bahkan belajar dari lingkungan.

Saat P. polycephalum berada di lingkungan baru dia akan tumbuh ke segala arah untuk menilai lingkungan. Jika bertemu dengan hal yang disuka, ia akan memperkuat jalannya, tetapi saat berpapasan dengan hal yang tak disukai ia akan mundur. Ia akan mengingat keadaan sekelilingnya dan belajar dari pengalaman. Bahkan ketika diletakkan dalam labirin, P. polycephalum bisa menemukan jalan keluar terpendek. Kemampuan ini tidak biasa karena ia tak memiliki syaraf pusat.

Keunikan lain dari si kuning adalah memiliki milyaran inti sel meski hanya terdiri atas satu sel. Ia tidak bertambah umur karena bisa meregenerasi dirinya. Ia juga memiliki 720 jenis kelamin yang ditentukan berdasarkan rangkaian gen yang muncul. Reproduksi terjadi dengan pertemuan dua sel gamet yang berbeda varian. Sel gamet berkembang dari spora-spora yang dilepaskan ke udara.

Referensi: wikipediacnbcSmithsonianphyswired

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *