Serangan Ngengat lyssa zampa docile Di Batam, Kenapa Terjadi?

Serangan Ngengat lyssa zampa docile Di Batam, Kenapa Terjadi?
1 Juli 2014
3869

Baru-baru ini muncul berita yang cukup menggelitik rasa ingin tahu, '"Kupu-kupu malam" resahkan warga Batam' begitu judul berita tersebut. Kantor berita Antara menuliskan bahwa warga Batam, Kepulauan Riau, mulai resah dan khawatir atas munculnya ratusan kupu-kupu yang bernama latin lyssa zampa docile itu. Kupu-kupu yang muncul di malam hari ini tertarik dengan cahaya lampu di masjid-masjid besar di kota tersebut.

Pada awalnya warga merasa tertarik dengan fenomena itu, akan tetapi ketika jumlahnya bertambah banyak, mereka kemudian mulai merasa khawatir. Di beberapa pemberitaan lain disebutkan bahwa serbuk dari sayap dan tubuh 'kupu-kupu malam' itu dapat menyebabkan gatal-gatal dan gangguan pernafasan. Meskipun hal tersebut belum terbukti, masyarakat sudah terlanjur resah karenanya.

Kejadian serupa sebelumnya terjadi di Malaysia. lyssa zampa docile yang masuk dalam kategori ngengat tersebut sempat menganggu pertandingan sepakbola antara Pahang dan Johor Darul Takzim di stadion Darul Makmur. Lalu ngengat yang memiliki habitat di pegunungan Himalaya hingga ke semenanjung Malaysia dan juga Kalimantan ini juga 'menyerbu' masjid-masjid yang memang memiliki cahaya lampu cukup terang. Hasilnya, petugas kebersihan masjid harus bersusah payah membersihkan ngengat ini yang beberapa diantaranya ditemukan mati.

Nah, apakah kawan-kawan tahu kenapa 'serangan' kupu-kupu ini bisa terjadi? Silahkan Berkomentar.

(Sumber Foto: http://therakyatpost.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2014/06/Lyssa_Zampa_Laos_Brown_Butterfly-650x350.jpg)

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *