Satu-satunya Pengerat Ompong Asal Sulawesi

Satu-satunya Pengerat Ompong Asal Sulawesi
7 Oktober 2019
1131

Sebagai hewan pengerat, tikus selalu suka menggigit apapun yang dijumpai. Bahan makanan, kursi, meja hingga sabun tidak luput dari giginya. Namun di Sulawesi ditemukan tikus ompong. Dia hanya memiliki sepasang gigi seri, atas dan bawah. Tanpa ada taring dan geraham. Lalu bagaimana dia makan?

Namanya Paucidentomys vermidax. Si tikus ompong ini diduga hanya makan cacing atau mangsa bertubuh lunak lainnya. Sebab tidak mungkin baginya memakan kacang atau biji-bijian dengan hanya sepasang gigi. Kondisi P. vermidax sangat unik dan merupakan satu dari 2.200 jenis hewan pengerat.

Habitat P. vermidax adalah hutan primer di dataran tinggi Sulawesi. Dia termasuk satwa endemik yang ditemukan di hutan Gunung Latimojong (Sulawesi Selatan) dan Gunung Gandangdewata (Sulawesi Barat) dimana ketinggian berkisar 1700 – 2400 mdpl.

Baca juga: Siau Scops Owl, Burung yang Terlupakan dari Penghujung Utara Sulawesi

Baru ada tiga ekor tikus ompong yang ditemukan oleh peneliti. Mereka sulit dijumpai karena kondisi habitat bervegetasi padat dengan pohon tinggi rimbun khas hutan primer. Keberadaan mereka belum menghadapi ancaman karena hutan masih jauh dari gangguan manusia.

Referensi: KompasDailymailRoyal SocietyMongabay

 

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *