Sambiloto, Daun Pahit Berkhasiat

Artikel
Sambiloto, Daun Pahit Berkhasiat
Lain-lain
3433
30 November 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Sambiloto (Andrographis paniculata Nee) merupakan tanaman herbal tradisional yang banyak ditemukan di Indonesia. Karena sifat yang terkenal sebagai obat, di Indonesia juga banyak dimanfaatkan secara tradisional. Tanaman ini mudah tumbuh di semua jenis tanah. Daun dan batang tanaman dapat digunakan untuk ekstrak aktif. 

Daun sambiloto memiliki aroma dan rasa yang sangat khas, sehingga orang mudah menemukan tanaman ini di lahanbebas. Menurut penelitian Santa tahun 1996, rasa pahit pada daun sambioloto diketahui karena adanya kandungan kimia andrografolid yang aktif berkhasiat menjadi obat.

Daun Sambiloto

 

Tanaman dengan julukan “King of Bitter” dipercaya memiliki banyak khasiat yang ditemukan. Khasiat yang dikandung antara lain sebagai analgetika, anti piretika, anti inflamasi, anti spermatogenik dan anti diabetes. Sambiloto juga dapat menurunkan kontraksi usus, menambah nafsu makan, menurunkan tekanan darah, melindungi kerusakan hati dan jantung. Ekstrak sambiloto juga terbukti sebagai obat herbal alternatif anti malaria yang efektif.

 

Berbagai Sumber

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *