saga

Artikel
saga
Lain-lain
1228
17 Desember 2014
Pusat Riset Konservasi Gajah dn Biodiversitas
Penulis
Achmad Zulfikar
68
posting

Kita sering melihat tanaman kecil yang disebut nama nya saga, bentuk dari saga ini sangat menarik sekali karena memiliki warna yang begitu unik dan kepekatan atau tinkat kecerahan warna nya lebih tinggi atau cerah. cara penggunaan biji saga ini pertama kita harus membuang racun nya dengan cara merendamnya di air yang banyak agar racun yang terkandung di dlam saga ini keluar dan apabila racunnya(sianida) tidak dihilangkan maka akan menyebabkan keracuna yang berat 

Adapun manfaat lainya :

  1. Sebagai herbal amandel  :  Ambil akar saga secukupnya, 1 potong kayu manis dan gula batu secukupnya. Rebus semua bahan dengan 5 gelas air hingga airnya tinggal setengannya. Saring. Minum 2 x sehari, pagi dan sore sekali minum 1 gelas.
  2. Sebagai herbal radang mata  :  Ambil 1 genggam daun saga, cuci bersih, kemudian giling halus, rebus dengan 2 gelas air, ambil uapnya, gunakan uap air tersebut untuk tetes mata.
  3. Sebagai obat herbal  sariawan  :  Ambil daun saga, kemudian langsung jemur selama beberapa menit hingga layu, lalu kunyah hingga halus sambil untuk kumur.
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *