Rangkong Gading

Artikel
Rangkong Gading
Lain-lain
1479
4 Januari 2015
Penulis
Bagus Satrio
173
posting

Rangkong gading atau Enggang gading (Buceros/rhinoplax vigil) adalah burung berukuran besar dari keluarga Bucerotidae. Burung dini ditemukan di Semenanjung Malaya, Sumatera, dan Kalimantan. Burung ini juga menjadi maskot Provinsi Kalimantan Barat, dan termasuk dalam jenis fauna yang dilindungi undang-undang. Enggang yang mudah dikenali, berukuran sangat besar (120 cm, ditambah 50 cm pita pada ekor tengah), berwarna coklat dan putih. Ada pita yang sangat panjang pada ekor. Ciri khasnya: ekor putih dengan garis hitam melintang dan garis putih lebar pada sayap. Tanduk kuning merah-padam, tinggi, berbentuk kotak (digunakan sebagai “gading enggang” untuk membuat ukiran). Leher: kulit merah tanpa bulu pada jantan, biru pucat pada betina.
Iris keputih-putihan (betina) atau merah (jantan), paruh kuning, kaki hitam. 

Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan.

Burung yang banyak dikenal tetapi tidak umum, di hutan dataran rendah dengan pepohonan tinggi, sampai ketinggian 1500 m. Hidup berpasangan pada tajuk atas hutan, berbaur dengan enggang, punai, pergam, dan monyet, pada pohon besar yang sedang berbuah untuk mencari makan. Makanan favoritnya buah beringin. Bersarang pada lubang alami pada pohon yang tinggi. Pada musim berbiak, lubang masuk sarang ditutup menggunakan lumpur dan sisa makanan. Hanya betina dan telur yang berada di dalam sarang, sedangkan jantan mencari makanan. Biasanya hanya membesarkan satu anak.

Status : Hampir Terancam (NT)

 

Photo by : Arkive ©Tim Laman

Source : Kutilang Indonesia, Burung Indonesia, BirdLife, Burung Panduan Identifikasi Burung Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Bali

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *