Rafflesia dan Amorphophallus titanum, Bunga Bangkai Raksasa yang Tak Serupa

Artikel
Rafflesia dan Amorphophallus titanum, Bunga Bangkai Raksasa yang Tak Serupa
Lain-lain
10619
31 Agustus 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Istilah bunga bangkai sering digunakan untuk merujuk bunga Amorphophallus titanum, karena bunga yang menebarkan bau busuk. Namun, terkadang orang juga menyebut jenis bunga Rafflesia baik Rafflesia arnoldiiRafflesia patma, maupun jenis Rafflesia lainnya sebagai bunga bangkai. Hal ini tidak salah karena bunga Rafflesia spp. juga mengeluarkan bau busuk ketika mekar.

Meski sama-sama mengeluarkan bau tidak sedap, kedua jenis bunga ini memiliki banyak perbedaan. Bagian yang paling mudah dibedakan adalah bentuk bunga. Bunga Amorphophallus titanum menjulang tinggi dan berbentuk cekung, sedangkan bunga Rafflesia spp. datar berbentuk lebar di permukaan tanah

      

Perbedaan lain antara kedua bunga dapat dilihat dari cara hidup, keberadaan bagian tumbuhan, dan cara perkembangbiakan (Tabel). Perbedaan cara hidup kedua bunga membuat kelengkapan bagian tumbuhan yang dimiliki berbeda, seperti pada Rafflesia spp. karena hidup parasit pada Tetrastigma maka tidak membutuhkan daun maupun akar untuk berfotosintesis maupun mengambil air dan mineral tanah. Namun, pada Amorphophallus titanum yang hidup mandiri membutuhkan daun dan akar untuk memperoleh air, mineral, serta energi yang dibutuhkan untuk tetap hidup.

Tabel Perbedaan antara Amorphophallus titanum dan Rafflesia

Siklus hidup kedua bunga di bawah ini akan menunjukkan tahap pertumbuhan yang sama sekali berbeda. Pada gambar siklus hidup Rafflesia, keberadaan Rafflesia baru akan diketahui ketika mulai membentuk bunga karena sebelum bunga terbentuk yang terlihat hanya akar inangnya. Lain dengan Amorphophallus titanum yang tetap memiliki batang meski sebelum berbunga, sehingga bisa diketahui keberadaanya setiap waktu.

 

Sumber:

1. Amorphophallus titanum

2. Rafflesia

3. Rafflesia arnoldii

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *