Pulau Rambut Surga Burung yang Terancam

Artikel
Pulau Rambut Surga Burung yang Terancam
Lain-lain
1540
5 Juli 2014
Penulis
nando makur
38
posting

Pulau rambut merupakan satu dari sekian banyak pulau kecil yang berada di Kepulauan Seribu. Secara  administratif pulau ini termasuk bagian dari  Provinsi DKI Jakarta.  Pulau Rambut, yang menjadi surga burung karena memiliki sekitar 20.000 ekor burung dari berbagai spesies. Pulau Rambut bukan sekadar surga bagi sejumlah burung, melainkan juga cagar alam dan objek wisata burung yang menarik. Selain itu pulau rambut juga digunakan sebagai tempat persinggahan burung-burung migran seperti bangau Bluwok ( Mycteria cinerea).

                                                Bangau Bluwok by nan_parinters

Namun keindahan pulau semakin hari semakin memudar dengn sampah terlihat sangat banyak di pinggir pulau yang tak tau sumber asal-muasalnya sampah tersebut, hal ini dikarenakan pulau rambut tidak terdapat pemukiman penduduk. Tentu saja sampah-sampah tersebut menggangu dan merusak surga burung Kepulauan Seribu. Satu pertanyaan yang muncul dibenak adalah darimana sampah-sampah ini berasal? Untuk mencari jawaban tersebut pengamat menanyakan kepada pihak-pihak yang bertugas disana. Ternyata kemungkinan terbesar sumber sampah di pulau berasal hanyutan dari muara-muara di Jakarta. Sampah-sampah yang dibuang di sungai akan terbawa ke laut dan akan “bertamu” ke pulau-pulau yang lain termasuk pulau rambut yang tentu saja akan menggangu bahkan merusak keseimbangan ekosistem yang ada di pulau-pulau tersebut.

kita harus menyelamatkan pulau rambut agar burung tetap nyaman di surga mereka, berhentilah membuang sampah di sungai.

Sungaimu bersih, lingkungan bersih, alam yang asri, dan burungpun akan selalu bernyanyi untukmu. mulailah dari hal yang kecil untuk suatu yang luar biasa

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *