Prionailurus viverrinus, Kucing yang Mahir Menyelam

Prionailurus viverrinus, Kucing yang Mahir Menyelam
1 Desember 2015
1774

Kucing rumah (domestik) selalu ketakutan dan menghindari air. Coba saja siram air, kucing rumah akan lari atau bergidik mengeringkan rambutnya. Lalu adakah kucing yang tidak takut air?

Berenang dan menyelam adalah hal yang tidak biasa dilakukan oleh seekor kucing. Tetapi seekor kucing bakau biasa melakukannya saat berburu mangsa. Dari hal tersebut saja menunjukan bahwa kucing bakau berbeda dengan kucing biasa.

Kucing yang berstatus terancam punah ini memiliki nama ilmiah Prionailurus viverrinus. Warna kulitnya abu-kecoklatan dengan corak kamuflase di bagian tubuhnya. Hewan ini berukuran sepanjang 70 cm dan tinggi 35 cm, hampir dua kali lipat dari kucing rumah.

Kemampuan menyelam kucing bakau adalah adaptasi dari habitatnya yang berupa perairan dan rawa mangrove. Rambut kucing bakau memiliki sifat anti air, sehingga membuat kucing bakau tetap kering ketika menyelam.

Kucing yang tersebar di Jawa, Sri Langka, Thailand, Pakistan dan India ini semakin terancam keberadaannya. Semakin menyusutnya habitat, polusi air dan kerusakan mangrove menjadi ancaman utama kucing bakau.

Referensi:

[wild cat orgmangrove magz, IUCN]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *