Pohon Damar penghasil kopal, tidak kuat tapi bermanfaat

Artikel
Pohon Damar penghasil kopal, tidak kuat tapi bermanfaat
Lain-lain
4531
13 Januari 2015
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Pohon damar adalah pohon alami hutan hujan dataran rendah yang mampu tumbuh hingga setinggi 65m. Pohon yang memiliki nama ilmiah Agathis dammara ini termasuk dalam family Araucariaceae. Tumbuhan ini adalah flora asli Indonesia, damar menyebar di Papua, Maluku, Sulawesi dan Sumatera. Namun tanaman ini juga ditanam di pulau jawa untuk pemanfaatan hasil hutan.

Jika kita melukai kulit pohon ini maka getah/resin akan menetes keluar, getah ini biasa disebut kopal. Kopal damar bisa dimanfaatkan sebagai campuran bahan perekat bahkan bahan campuran parfum. Kopal sudah dipanen dan dimanfaatkan sejak zaman kolonial Belanda.

Mengumpulkan getah dari Agathis dammaraatau disebut juga kopal.

(foto: tropenmuseum.nl)

Kayu dari pohon ini tidak terlalu baik untuk dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi. Kerapatan kayu damar hanya berkisar 380–660 kg/m³, angka tersebut tergolong rendah jika dibanding kayu jati yang berkisar 700-930 kg/m³. Kerapatan kayu mempengaruhi kekuatan kayu tersebut, jadi semakin tinggi kerapatan kayunya maka semakin kuat sebuah pohon untuk berdiri. Meskipun faktor lain seperti umur pohon, tempat tumbuh, dan posisi kayu juga ikut mempengaruhi.

Referensi

[wikipediaUSUtropenmuseum]

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *