Perluasan Perkebunan Kelapa Sawit mengancam Biodiversitas Indonesia ?

Artikel
Perluasan Perkebunan Kelapa Sawit mengancam Biodiversitas Indonesia ?
Lain-lain
1272
23 Juni 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

Ancaman terbesar terhadap hutan indonesia dan keanekaragaman hayati Indonesia adalah  perluasan perkebunan kelapa sawit ke dalam kawasan hutan yangn bernilai konservasi tinggi. Ya, Salahsatunya adalah Perkebunan Kelapa Sawit yang merupakan komoditas perkebunan yang tercepat tingkat perluasannya di dunia. Minyak Sawit digunakan untuk berbagai jenis produk dari mulai makanan sehari-hari berupa Coklat hingga perlengkapan mandi dan sabun.

SAHABT WARRIOR barangkali akan setuju dengan saya. Siapa Mau Hutan yang kaya akan keanekaragaman Hayati yang tinggi akan mengalami deforestasi dan degradasi akibat pengolahan kebun sawit secara komersil.

Perkebunan Kelapa Sawit tidak dapat menjadi rumah bagi banyak spesies seperti layaknya hutan tropis dan malah mengakibatkan fragmentasi . Dampak negative lain adalaha  ekspansi perkbunan kelapa sawit juga termasuk polusi air oleh pestisida dan pupuk sehingga akan merusak ekosistem air dan keragaman hayati yang hidup disana.

sumber gambar : bencanaglobal.web

Dampak yang bisa kita lihat adalah penebangan hutan secara tidak bertanggungjawab. Akibat yang bisa kita rasakan adalah bencana yang timbul saat ini. Banir dan tanah longsor.

Perluasan lahan menjadi areal perkebunan kelapa sawit menjadi dampak negative yang sangat buruk. Hutan yang berfungsi sebagai penyangga dan penahan erosi tidak mampu lagi menahan tanah dan akibatnya, terjadilah bencana !!!!

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *