Perbedaan Antara Kopi Arabika Dan Robusta

Artikel
Perbedaan Antara Kopi Arabika Dan Robusta
Lain-lain
2482
11 November 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Suka mengonsumsi kopi? Selain nikmat dinikmati kopi juga mampu menambah semangat untuk menjalani aktivitas. Kopi yang biasa dikonsumsi adalah kopi jenis Arabika dan Robusta. Apakah perbedaan dari kedua jenis kopi tersebut?

Arabika dan robusta memiliki beberapa perbedaan, baik secara fisik, rasa, hingga kandungannya. Secara kondisi tumbuh robusta memiliki rentang yang luas pada temperatur lingkungan hidup. Robusta mampu tumbuh pada temperatur 18-36 derajat celcius, sedangkan robusta tumbuh baik pada temperatur 15-24 derajat celcius. 

Tinggi pohon arabica berkisar 2,5-4,5 meter sedangkan robusta memiliki pohon yang tumbuh lebih tinggi yaitu 4,5-6,5 meter. Bentuk biji kedua kopi ini juga memiliki perbedaan. Biji kopi arabika memiliki bentuk yang lebih besar dan lonjong dibandingkan biji kopi robusta yang agak membulat dan kecil.

theroasterie.com

Tidak hanya fisiknya yang berbeda, ternyata kandungan kafein kedua jenis kopi ini juga berbeda. Arabika pada umumnya lebih sedikit mengandung kafein dibandingkan robusta. Lipid dan sukrosa yang terkandung pada arabika dan robusta pun berbeda, arabika mengandung lebih banyak lipid dan sukrosa dibandingkan robusta. Perbedaan-perbedaan tersebut membuat arabika dan robusta memiliki penggemarnya masing-masing. Baik di hati para penikmat kopi dan juga petani kopi, masing-masing memiliki alasan untuk memilih salah satunya atau mengkombinasikan keduanya.

 

Referensi:

[Coffeshemistry, modernfarmer,  theroasterie]

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *