Penggunaan Air untuk Kehidupan Selanjutnya

Kelautan
Penggunaan Air untuk Kehidupan Selanjutnya
29 Maret 2020
670

Air adalah sumber kebutuhan manusia, air ini dapat digunakan oleh manusia untuk apapun. manusia berkaitan dengan air, karena berguna untuk kehidupan manusia. Adapun isu skandal tentang habisnya air dipulau Indonesia terutama pulau Jawa. Artikel tersebut berisi ‘kajian resmi pemerintah memprediksi Jawa bakal kehilangan hampir seluruh sumber air bersih tahun 2040. Ini adalah salah satu alasan di balik wacana pemindahan ibu kota, bahwa 150 juta penduduk di pulau terpadat Indonesia akan kekurangan air, bahkan untuk sekadar makan atau minum.’(Bbc Indonesia).

Indonesia terutama ibu kota sudah hampir kehilangan air bersih, bahkan masyarakat ibu kota mengandalkan pedanag air bersih keliling. Maka dari itu, harus adanya tindakan untuk pencegahan kurangnya air di Indonesia. Dalam perpanjangan kebutuhan air bersih di Indonesia terutama di ibu kota, maka dilakukannya pengunaan air dengan baik dan benar. Pengunaan air sebagai berikut.

a. Mengurangi Siraman Beberapa aktivitas penyiraman air yang biasa dilakukan manusia adalah aktivitas mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman atau juga aktivitas penyiraman pada toilet duduk. Aktivitas tersebut dapat berupa penghematan air, seperti kendaraan yang terlihat masih bersih jangan dicuci terlebih dahulu, kemudian jika tanaman sudah di siram oleh air ujan maka tidak usah menyiram kembali tanaman tersebut.

b. Penggunaan Air Tanpa adanya pemantauan air maka di rumah Anda bisa terjadi air keran yang meluber di kamar mandi atau di bak penampungan. Tanpa adanya pemantauan air bersih yang seharusnya bisa dikendalikan memang bisa saja kemudian sumber daya ini menjadi terbuang dan habis. Maka dari itu, harus adanya pemantauan air agar air tidak digunakan secara berlebihan dan terbuang percuma.

c. Batasi Waktu Mandi Mandi adalah suatu moment menyenangkan bagi kalangan manusia. tapi, jika terlalu lama dikamar mandi akan mengakibatkan boros air, karena banyaknya air yang terbuang. Namun dapat diminamlisirkan jika mandi menggunakan shower, itu akan mengurangi air yang terbuang banyak.

d. Gunakan Air Kembali Aktivitas-aktivitas yang membuat air masih bersih dapat dimanfaatkan kembali seperti untuk menyiram tanaman. Kemudian dapat juga air bekas cucian baju dapat digunakan kembali untuk mencuci sepatu-sepatu yang kotor.

e. Hindari Botol Plastik Penggunaan botol plastik dapat merusak komponen-komponen air. Dikarenakan botol plastik ini sangat sulit terurai. Selain itu racun yang terdapat dalam botol plastik bisa mengkontaminasi tanah dan sumber-sumber air yang ada. Maka dari itu, untuk menghilagkan penggunaan botol plastik dapat menggunakan botol kemasan.  

Air di Indonesia atau dunia tidak akan cepat menipis jika masyarakat ataupun orang-orang menggunakan air dengan baik. Seperti menggunakan air kembali jika air tersebut masih bersih untuk menyiram tanaman. Dapat pula penggunaan air dengan baik ketika melakukan aktivitas seperti mandi dan menyiram tanaman. Paling penting adalah menghindari botol plastik, karena botol plastik ini sulit mmengurai sehingga dapat merusak komponen-komponen air. Melakukan hal tersebut dapat mengurangi krisis air maupun adanya air kotor.    

 

 

 

#bwkehati #hariairsedunia #bwchallenge

Tentang Penulis
Alieffia Rizka Faradila
Institut Pertanian Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-03-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *