PEMANFAATAN LIMBAH PERMACULTURE BUMI LANGIT INSTITUTE

PEMANFAATAN LIMBAH PERMACULTURE BUMI LANGIT INSTITUTE
23 Juni 2016
1582

 

PEMANFAATAN LIMBAH PERMACULTURE BUMI LANGIT INSTITUTE

Disusun oleh

Anggun Fitria Agung

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Macam-macam sumber daya:

1.      Air (Air hujan, Air tanah, Air limbah cucian dapur)

2.      Cahaya Matahari (Untuk Pembangkit Tenaga Listrik)

3.      Tanah

4.      Peternakan, pertanian/perkebunan dan pengolahan limbah (berbagai jenis pupuk, kompos, cacing dan kandang)

5.      Limbah dapur selain air dan daun kering  

Pembahasan

1.      Air (Air hujan, Air tanah, Air limbah cucian dapur)

A.    Pengolahan air menggunakan air tanah dari sumur Sumber air utama di bumi langit institute adalah air tanah sumur. Teradapat dua buah sumur, namun yang dipakai rutin hanya satu sumur. Jarak sumur dengan IPAL adalah 10 meter.

B.     Pengolahan air hujan Sumber air lain adalah penadahan air hujan, terdapat sistem kontur tanah yang menyebabkan kemiringan tanah dibuat sedemikian rupa agar tidak ada sumber daya dan limbah yang terbuang dan tidak dimanfaatkan.

C.     Pengolahan air cucian limbah dapur Sumber air lainnya adalah air limbah cucian dapur. Air limbah dari cucian dapur tidak dibuang begitu saja namun juga diolah dan dimanfaatkan. Cara pemanfaatannya adalah dengan mengalirkan air air limbah cucian tersebut ke pipa penyaringan dengan sistem saring zigzag naik turun yang terdapat di dekat IPAL biogas. Sistem penyaringan melalui tahapan penyaringan lemak dengan sistem semen penyaring berdiri naik turun di dalam tanah kemudian mengalir ke tanah resapan yang terdiri dari tanah arang pasir batu dan akar wangi. Setelah itu dialirkan lagi ke kolam yang berisi eceng gondok setelah itu baru ke tahap kolam ikan. Kolam ikan tidak dieri makan pellet melainkan dedaunan seperti daun talas. Dari kolam air dapat dialirkan keseluruh perkebunan di Bumi Langit Institute. Pembuangan air ada dibawah berdasarkan kemiringan kontur tanah. Meskipun demikian, air tersebut tetap di recycle dan dimanfaatkan.  

2.      Cahaya Matahari (Untuk Pembangkit Tenaga Listrik)

Cahaya matahari digunakan untuk PLTS (Pembangkit Listrik tenaga Surya) di Bumi Langit Institute. Sebanyak kurang lebih tiga hektar dengan penghematan dan sistem baterai yang diapai cukup membutuhkan 600 Watt listrik dalam sehari. Untuk kemanan juga listrik digunakan sebagai pelindung pagar peternakan lahan bebas sapi perah. Walau kekuatan listriknya tidak besar. Namun hal terseut efektif untuk menjaga sapi-sapi tetap dalam lingkup ruang terbuka tanpa penjagaan.  

3.      Tanah

Permaculture berasal dari dua kata yaitu perma dan culture. Perma berarti permanen dan culture yang berarti budaya atau sistem. Sehingga dapat diambil garis besar permaculture adalah sebuah sistem yang menyeluruh mengenai cara, hasil, pengolahan alam. Berkaitan dengan tanah adalah semua tanaman berawal dari cara pengolahan tanah yang baik. Hal tersbeut disebabkan karena pengolahan tanah yang baik dapat menghasilkan tanaman dnegan hasil yang baik juga. Sumber daya tanah di Bumi Langit Institute menggunkan sistem sederhana dengan berbagai tanaman dipergunakan sebagai tumbal (tanaman penyelamat tanaman lain). Pada lahan spot pertama yang diperkenalkan oleh Guide “ Mas Krisna” berada dibawah dengan berbagai tanaman pangan. Cara menanganan hama adalah dengan menggunkan tanaman jengger ayam dan bunga matahari sehingga menarik tanaman hama untuk mengganggu terlebih dahulu sehingga dampak pada tanaman budidaya pangan tidak tergangggu.  

4.      Peternakan, pertanian/perkebunan dan pengolahan limbah (berbagai jenis pupuk, kompos, cacing dan kandang)

Peternakan sapi dan kambing di BLI sangat berkontribusi dalam hasil pembuatan susu kefir. Susu diperah setiap pagi dan hasilnya dibuat susu kefir. Sedangkan pertanian/perkebunan berkontribusi dalam pemenuhan hasil pangan. Produk yang sudah dipasarkan dan dibuat adalah roti dari bahan tepung sorgum, kemuadian hasil tanaman pangan yang dimanfaatakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan Warung Bumi. Pengolahan limbah di Bumi Langit Institute sudah terbilang baik. Mulai dari limbah cari, padat dan gas semua dimanfaatkan. Hasil kotoran sapi dari peternakan diolah dengan IPAL yang menghasilkan gas metan untuk kebutuhan gas didapur. Limbah kotoran ternak kelinci diolah menjadi kompos cacing. Air seni dari cacing dan kelinci juga dikumpulkan dan dimanfaatkan menjadi pupuk. Komos cacing biasnaya diolah selama kurang lebih 40 hari untuk setelahnya dipanen. Cacing yang ginakan ada dua jenis salah satunya adalah tigerworm. Limbah dapur selain limbah air cucian dan plastk didapur dimanfaatkan untuk pakan ternak ayam. Kotoran ayam yang bercampur dengan kompos dengan sendirinya dapat meringankan pengeluaran dalam pemberian pakan ternak ayam.  

5.      Limbah dapur selain air dan daun kering

Limbah dapur selain limbah air cucian dan daun kering dimanfaatkan sebagai pupuk kompos dan pakan ternak ayam. Seperti keterangan yang diberi oleh mas Krisna bahwa terakhir beliau memberi makan ayam-ayam ternaknya adalah sekitar 6 bulan yang lalu. Pakan berasal dari limbah dapur sperti dedaunan dan juga dedeaunan kering disekitar.  

Tentang Penulis
Anggun Fitria Agung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2016-06-26
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *