Papua Rumah Bagi 34 Jenis Cendrawasih

Artikel
Papua Rumah Bagi 34 Jenis Cendrawasih
Lain-lain
3098
24 September 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Papua memiliki harta biodiversitas yang sangat melimpah, salah satunya keanekaragaman spesies burung cendrawasih. Pegunungan Papua memiliki habitat yang beragam, hal tersebut membuat Papua memiliki ‘koleksi’ alam yang banyak diantaranya 34 jenis cendrawasih yang hidup di sana.

Habitat yang beragam menjadi pemisah antar jenis cendrawasih di Papua. Tiap cendrawasih hidup pada habitat khusus dengan wilayah pegunungan dan zona ketinggian tertentu. Hal tersebut membuat kurangnya arus pertukaran gen antar populasi, sehingga cendrawasih menjadi makhluk yang aneh sekaligus indah.

Paradisea apoda sedang menampilkan pertunjukan di atas dahan.
(Foto: Loïc Degen (http://ibc.lynxeds.com/users/lo%C3%AFc-degen))

Ketinggian menjadi pemisah antar jenis cendrawasih, sehingga tiap ketinggian dihuni oleh burung yang khas. Misalnya di ketinggian di bawah 1000 m hidup cendrawasih jenis cendrawasih raja dan cendrawasih belah rotan. Ketinggian 1000 – 2000 m dihuni oleh cendrawasih kerah, cendrawasih Parotia arfak, dan Paruh sabit ekor kuning. Sedangkan di ketinggian 2000 m ke atas terdapat cendrawasih panji, cendrawasih Astrapia stephanie, dan Paruh sabit cokelat.

 

Referensi:

National Geographic Indonesia Maret 2008

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *