Muscicapa sodhii, burung spesies baru dari Sulawesi

Muscicapa sodhii, burung spesies baru dari Sulawesi
11 Januari 2015
2444

Jenis burung spesies baru ditemukan di sulawesi, burung tersebut  dinamai Muscicapa sodhii. Sebenarnya burung dari jenis flycatcher atau sikatan tersebut sudah teramati sejak tahun 1997. Burung tersebut pertama kali diamati oleh sekelompok wisatawan yang sedang mengamati burung di Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi Tengah. Namun baru pada akhir tahun 2014 burung ini dipublikasikan di dalam jurnal PLOS ONE November 2014.

M. sodhii juga dikenal dengan nama Sikatan Sulawesi. Meski burung jenis sikatan ini memiliki kemiripan dengan jenis sikatan burik, namun perbedaan dapat terlihat pada sayap dan kedua ekornya yang lebih pendek. Corak berbintik pada leher juga menjadi pembeda M. sodhii dengan spesies lain. Penelitian lebih lanjut juga dilakukan tim peneliti secara genetika untuk membuktikannya sebagai spesies baru.

Gambar Muscicapa sodhii 

 

Berdasarkan data Burung Indonesia, Indonesia adalah rumah bagi seribu lima ratus lebih spesies burung. Kemungkinan besar angka itu bisa terus bertambah jika penelitian burung di Indonesia semakin berkembang dan burung jenis baru terus ditemukan. Selain itu penekanan angka perburuan burung  ilegal yang mengancam keanekaragaman hayati di Indonesia juga harus dilakukan.

Referensi:

[PLos OneAsian Scientist, CNN, Burung Indonesia]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *