Mereka Berkedip tapi Tak Terpejam

Mereka Berkedip tapi Tak Terpejam
1 November 2019
1009

Tidak seperti manusia, burung tidak perlu terpejam saat berkedip. Mengapa bisa terjadi? Sebab dia menggunakan membran pengelip yang disebut juga sebagai kelopak ketiga.

Membran pengelip merupakan selaput bening yang terletak di antara kornea dan bagian bawah kelopak mata. Berfungsi untuk perlindungan dan menjaga kelembaban. Gerakannya horisontal seperti pembersih kaca mobil. Adanya membran pengelip memungkinkan burung untuk tetap melihat dalam berbagai situasi.

 

Beberapa contoh manfaat membran bagi burung yaitu: Elang yang terbang dengan kecepatan hingga 320 km/jam memakai membran pengelip untuk menghalau kotoran agar tidak masuk mata. Saat memberi makan, para induk burung melindungi mata dari patukan anak-anaknya dengan membran pengelip. Burung pelatuk juga terlindung dari kerusakan mata akibat serpihan kayu saat mematuk batang pohon.

Membran pengelip bukanlah organ khusus yang ditemukan hanya pada burung. Masih ada banyak hewan yang memilikinya, contohnya yaitu ikan, kucing, unta, beruang kutub, anjing laut, juga hiu. Bentuk membran ada yang bisa menutup penuh mata ataupun hanya di sudut.

Referensi: wikipediabritishbirdloversscience direct

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *