Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Sereh

Mengusir Nyamuk Secara Alami Menggunakan Sereh
27 Februari 2016
2200

Banyak tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk secara alami, salah satunya adalah tanaman sereh. Lazimnya sereh atau serai yang digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma masakan. Ternyata kandungan tanaman yang memiliki nama ilmiah Cymbopogon citratus ini mampu mengusir nyamuk secara alami.

Serai mengandung minyak asiri yang tersusun dari citral (65% - 85%) dan myrcene (12% - 25%). Citral pada serai adalah komponen kimia yang berperan mengusir nyamuk secara alami. Aroma harum dari serai yang banyak disukai kita justru membuat nyamuk pergi menjauh.
Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk secara alami memakai serai. Serai yang masih berkerabat dengan padi dan alang-alang ini mudah ditanam di pekarangan rumah. Menanam serai di pekarangan dapat mengurangi dan mengusir nyamuk. Selain ditanam serai juga dapat diremas lalu digantungkan untuk mengusir nyamuk.

Cara lain yang bisa dicoba adalah membuat semprotan anti nyamuk alami dari bahan serai dan campuran peppermint, spearmint, citronella, catnip, dan lavender. Caranya cukup mudah, hanya dengan merebus bahan-bahan tersebut pada panci tertutup. Setelah dingin campurkan air hasil rebusan dengan alkohol 70%, lalu simpan di tempat sejuk atau dingin. Semprotan anti nyamuk alami dengan aroma segar siap digunakan.

Bahan bacaan:

[kompasiana, drugs, wellnessmama, npgs]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *