Mengundang Burung ke Halaman Rumah

Mengundang Burung ke Halaman Rumah
22 Januari 2017
1966

Siapapun pasti akan senang jika bangun di pagi hari disambut dengan kicauan burung nan merdu. Tetapi tentu ada cara yang lebih baik untuk mewujudkannya selain dengan mengurung mereka dalam kandang. Bagaimana? Undang saja mereka ke halaman rumah.

Pekarangan rumah yang hijau bisa menarik burung untuk mampir hingga bersarang. Tetapi bagaimana cara menanam dan jenis pohon yang ditanam perlu diperhatikan. Selain itu burung akan datang jika terdapat cukup makanan, air dan tempat berteduh.

Pohon peneduh seperti cemara dan pohon dengan dahan rimbun seperti beringin, kapuk dan sengon penting sebagai tempat burung bertengger untuk beristirahat. Untuk mencari makanan bunga dari tanaman hias serta bunga dari pohon buah (sawo, mangga, rambutan, dan jambu air) banyak digemari burung pemakan nektar. Burung cabai jawa, kacamata, dan kipasan adalah contohnya.

Namun jika lebih gemar melihat burung pemakan biji seperti prenjak jawa dan cinenen jawa menanam pohon angsana, asoka, dan dadap bisa menjadi pilihan.

Jika ingin mengundang burung untuk bersarang beberapa pohon harus ditanam dalam jarak dekat, agar dahan ada yang tersembunyi sehingga sarang aman. Tidak lupa kolam minum agar burung tidak kehausan.

Sumber : http://www.kompasiana.com/fahrul_amama/pekarangan-rindang-burung-pun-datang_551c0ee9a33311aa2bb65a1a http://sains.kompas.com/read/2011/06/09/20375377/yuk.tanam.pohon.pemikat.burung-burung http://www.besgroup.org/2014/09/25/why-do-birds-roost-in-some-trees-but-not-others/ https://omkicau.com/2013/02/19/halaman-rindang-burung-pun-datang/

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *