Menghabiskan Makanan Berdampak Bagi Lingkungan

Artikel
Menghabiskan Makanan Berdampak Bagi Lingkungan
Aktivitas, Perubahan Iklim
98
29 Juli 2022
Universitas Indonesia
Penulis
Maghfira Nadya Salsabila
3
posting

40% limbah makanan berasal dari retail dan konsumen (fao.org). Banyak makanan terbuang hanya karena kita malas. Kita membeli makanan lebih dari yang kita butuhkan dan end up dibuang gitu aja. Kita juga prefer ngambil makanan lebih banyak daripada harus bangun dan ngambil lagi kalau emang kita masih laper. See? karena kita mager wkwk. Coba deh kalau dihitung dalam seminggu berapa banyak sih makanan yang udah kita buang? We might get surprised.

 

Limbah makanan juga banyak berasal dari produk yang gak laku terjual padahal masih bagus dan layak, tapi kenapa ya dibuang? because they don’t look nice. Kalau kita beli buah, biasanya kita pilih yang paling bagus bentuknya kan? Sebenernya gak harus selalu gitu ko, asalkan buahnya masih segar dan layak, kenapa engga? Keep in mind, jangan sampe food waste.

 

OK, just in case kamu gak peduli sama lingkungan (which you should), ada alasan yang purely selfish karena sebenarnya kamu tetep bayar lho makanan yang kamu buang, jadi mengurangi limbah makanan sama dengan save your money.

 

Agak jauhan dikit, populasi global diprediksi akan tumbuh sampai 9.8 miliar di tahun 2050. Tapi bumi kita ga akan ikut tumbuh fren dan kita juga udah alih fungsi hutan sebagai lahan produksi makanan. Satu pertanyaan yang gak bisa dihindari, how to feed everyone? Setiap tindakan yang kita lakukan pasti ada konsekuensinya. Produksi makanan punya masalah tersendiri dan kita semua harus makan.

 

Tapi kabar baiknya ada yang bisa kita lakukan, karena mengurangi limbah makanan gak serumit itu ko. Menghabiskan makanan tanpa sisa, mudah kan? Sisa makanan yang membusuk di tempat pembuangan sampah menghasilkan gas rumah kaca. Jadi, kalau kita bisa mengurangi limbah makanan yang kita hasilkan tentunya membantu mencegah terjadinya perubahan iklim. There is no planet B.

4
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *