Mengenal Terong Susu

Artikel
Mengenal Terong Susu
127
12 Mei 2022
UNMUL/MAPFLOFA
Penulis
gresyamunda
15
posting

Terang susu (Solanum mammosum L.) merupakan terong yang berbentuk menyerupai susu sapi dan berwarna cerah. Terong ini berasal dari famili Solanaceae yang memiliki manfaat sebagai obat diantaranya Pengobatan Kanker Payudara, Pengobatan Kencing manis,, Pengobatan penyakit darah tinggi (pada pengobatan penyakit darah tinggi, bagian yang digunakan ialah buahnya.Sebiji buahnya dilubangkan dengan jarum pada bahagian hujungnya.Ia kemudiannya direbus hingga mendidih dan airnya diminum 2 gelas sehari), Pengobatan Kanker Rahim danObat  cacing (untuk obat cacing dipakai kira – kira 2 gram serbuk biji Solanum mammosum,dikeringkan, digoreng dengan wajan , ditumbuk halus, kemudian diseduh dengan ½ gelas air matang panas, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sekaligus pada waktu akan tidur).

Meskipun dengan banyaknya manfaat sebagai obat-obatan herbal tetapi tumbuhan ini tidak bisa di konsumni secara langsung karena buah ini beracun. Tanaman ini mengandung senyawa kimia yang berasal dari biji, daun dan kulit buah Solanum mammosum L. mengandung saponin, flavonoida dan polifenol, di samping itu bijinya mengandung alkaloida.

Penyimpanan Benih : Spesies ini memiliki biji Ortodoks. Untuk menghindari penurunan viabilitas, keluarkan bibit dari buah-buahan matang segera setelah panen dan biarkan kering perlahan-lahan, di bawah kondisi optimum, sebelum mentransfer ke ruang kering yang sejuk.Kering untuk erh% 15-20 dan menyimpan di suhu -20C º, atau setenang mungkin.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan Tropika tetapi sekarang tersebar luar di daerah Tropika sebagai tanaman hias.

Sumber:https://majalah.stfi.ac.id/terong-susu-yang-mencuri-perhatian-mahasiswa-stfi/

http://khodaria.blogspot.com/2012/01/terong-susu-solanum-mammosum-l.html

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penulis
gresyamunda
UNMUL/MAPFLOFA
15
posting
Topik Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *