Mengenal Pohon Jati yang Ditanam Presiden Jokowi

Mengenal Pohon Jati yang Ditanam Presiden Jokowi
30 Desember 2022
506

Pada 2 Agustus 2017 lalu, Presiden RI Joko Widodo telah mencanangkan perangko edisi khusus untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk menanam minimal 25 pohon per warga untuk seumur hidup. Presiden Jokowi juga menjadikan penanaman bibit pohon sebagai acara wajib saat menerima kunjungan kenegaraan para pemimpin dunia yang datang ke Indonesia. 

Pohon Jati adalah spesies pohon dengan nama ilmiah Tectona grandis Linn. F. Pohon ini merupakan pohon yang menghasilkan kayu berkualitas tinggi. Buah dari kayu jati saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia seperti bahan baku furniture, furnishing, peralatan rumah tangga dan penopang struktur bangunan. Jati merupakan komoditas hasil hutan utama di berbagai daerah di Indonesia seperti Blora, Jepara, Grobogan, Pati dan Sragen dimana terdapat beberapa sentra pengrajin mebel jati. Jenis jati dengan kualitas terbaik biasanya berasal dari pohon yang berumur lebih dari 80 tahun. Dengan kata lain, semakin tua umur kayu jati maka kualitas kayu jati yang dihasilkan akan semakin baik. 

Banyak manfaat yang dapat diambil dari "ritual" menanam pohon oleh tamu kenegaraan ini. Selain untuk menjaga lingkungan, momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan tumbuhan endemik Indonesia. Kegiatan menanam pohon pada acara kenegaraan juga sekaligus kampanye gerakan penyelamatan lingkungan agar lebih mendunia

Tentang Penulis
Fitria Widya
Ilmu Komunikasi/Hubungan Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2023-11-22
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *