Mengenal PIRDOT

Mengenal PIRDOT
10 November 2020
1984

Nama dan Sinonim:

Saurauia bracteosa DC.

Nama daerah : pirdot (bahasa batak), ki leho (bahasa sunda), lotrok (bahasa jawa), soyogik (bahasa manado).

Sinonim:

Saurauia nudiflora var angustifolia Craib Saurauia oldhamii Hemsl.

Saurauia tristyla var. hekouensis C.F. Liang & Y.S. Wang Saurauia t r istyla var. oldhamii (Hemsl.) Finet & Gagnep.

Sebaran Tumbuh

Di dataran tinggi Sumatera, Jawa tersebar dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dan Sulawesi; tumbuh pada rentang ketinggian 600–1500 m dpl; secara ekologi tumbuh pada hutan lembab.

Tinggi dan Diameter

Pirdot berukuran kecil- sedang yang memiliki tinggi antara 3- 15 met er dengan diameter batang 25 cm.

Ciri Daun

Daunnya berukuran lebar dan memiliki dua sisi warna yang berbeda. Sisi daun bagian atas berwarna hijau, dan sisi daun bagian bawah berwarna kecoklatan. Pir dot memiliki daun berbentuk lonjong- jorong, panjang 18 – 36 cm, lebar 8 – 18 cm, bergerigi, meruncing di ujung, dan bulat di bagian dasar. Permukaan bawah daun seperti beludru kelabu atau berbulu cokelat, bersisik pada permukaan atas daun remaja, licin pada daun dewasa tunggal, berukuran lebar, tulang daun menyir ip, bagian atas daun runcing, bagian bawah daun membulat , tepi daun bergerigi (Manur ung et al., 2016). Permukaan bagian bawah daun memiliki trikoma.

Kegunaan

Pirdot merupakan tanaman pionir yang dapat diandalkan dalam merehabilitasi kawasan yang terdegradasi terutama yang terdapat di dataran tinggi. Pemanfaatan Pirdot telah banyak dilakukan antara lain sebagai anti oksidan. Manf aat lain adalah untuk menur unkan kadar gula darah, mencegah darah t inggi, dan menur unkan kadar kolestrol dalam darah, menjaga Kesehatan tenggorokan, menjaga kesehatan paru- paru, menjaga kesehatan usus, mengobati  flu dan mengobati peradangan.

Produk

Teh Pirdot, herbal pirdot, Daun pirdot dan buah pirdot

Sumber

Hutapea, Adiluddin. 2018. Pengaruh Ekstrak Daun Pirdot (Saurauia vulcani, Korth.) Terhadap Kadar Glukosa Darah Mencit (Musmusculus strain DDW) Jantan dan Gambar an Hist ologi Retina. Universitas Sumatera Utara, Medan.

http://aeknauli.org/pirdot- saurauia- bracteosa- dc/ http://www.asianplant.net/

https://www.flickr.com/phot os/j ackforest/20845379389

http://aeknauli.org/mengenal- pirdot- pohon- penghasil- obat- dari- sumat era- utara/ http://www.parapatnews.com/2013/07/khasiat - daun- pirdot.ht ml.

Tentang Penulis
Dobi Sinaga
Kehutanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-11-10
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *