Mengenal Damar: Pohon Penghasil Getah Asli Indonesia

Flora
Mengenal Damar: Pohon Penghasil Getah Asli Indonesia
23 Oktober 2024
101

Deskripsi Damar (Agathis dammara)

Damar (Agathis dammara) merupakan salah satu tumbuhan genus Agathis yang tumbuh secara alami di Indonesia. Jenis ini memiliki pertumbuhan alami yang cukup baik dan telah dipilih untuk di kembangkan dalam bentuk hutan produksi (Dinas Kehutanan, 1976). Damar (Agathis dammara) adalah pohon konifera asli Indonesia. Pohon damar dapat dijumpai di Maluku, Sulawesi, Jawa dan saat ini tersebar hingga ke Filipina. Damar dapat dikatakan sebagai sumber daya hutan yang lestari dan juga sangat menguntungkan. Selain karena pemanfaatan kayunya, getah yang dihasilkan juga sangat menguntungkan (Kolbinur dan Hutagalung, 2016).

Berikut merupakan klasifikasi dari Damar menurut Plants USDA:

Kingdom : Plantae

Divisi       : Coniferophyta

Kelas        : Pinopsida

Ordo        : Pinales

Famili      : Araucariaceae

Genus      : Agathis

Spesies     : Agathis dammara (Lamb.) Rich.

Gambar 1. Pohon Damar (Agathis dammara), Sumber (Tukang Taman Surabaya/Garden Center)

Ciri-ciri pohon Damar (Agathis dammara)

Pohon damar (Agathis dammara) adalah pohon yang memiliki ciri khusus yaitu berukuran besar dan tingginya bisa mencapai 65 meter. Batangnya lurus dengan diameter mencapai 1,5 meter. Kulit batang berwarna abu-abu muda hingga coklat kemerahan, bertekstur halus dan kadang-kadang dapat mengelupas.

Gambar 2. Batang Damar (Agathis dammara), Sumber (PlantNet)

 

Ciri dari daunnya adalah berbentuk lanset atau oval, dengan ujung runcing, berukuran sekitar 8-15 cm, dengan lebar 2-5 cm, serta permukaan daun mengkilap dan berwarna hijau tua, sedangkan bagian bawahnya lebih terang.

Gambar 3. Daun Damar (Agathis dammara), Sumber (PlantNet)

 

Ciri-ciri dari buah damar adalah berbentuk kerucut dengan panjang sekitar 5-10 cm dan berisi biji yang bersayap, biji damar yang sudah matang biasanya jatuh setelah satu tahun.

Gambar 4. Buah Damar (Agathis dammara), Sumber (ciriciripohon.id)

 

Manfaat Damar (Agathis dammara)

Pohon damar (Agathis dammara) memiliki berbagai manfaat, antara lain: Getahnya merupakan sumber resin, maksudnya adalah getah damar dapat digunakan dalam industri cat, lem, dan kertas. Kayu damar yang memiliki kualitas tinggi dan sering digunakan dalam pembuatan furnitur, lantai dan konstruksi.

Damar juga merupakan tanaman yang dibudidayakan dalam bentuk hutan yang berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan dan menyediakan habitat bagi berbagai spesies. Damar (Agathis dammara) juga merupakan tanaman ornamental yang digunakan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang menarik dan dapat menambah keindahan. Damar memiliki akar yang kuat membantu mengurangi erosi tanah di daerah pegunungan.

 

Habitat Damar (Agathis dammara)

Pohon damar (Agathis dammara) umumnya ditemukan di habitat berikut: Hutan Hujan Tropis, tumbuh di daerah tropis yang lembab, terutama di hutan hujan yang kaya biodiversitas. Damar juga sering ditemukan di kawasan pegunungan dan dataran tinggi, pada ketinggian 500 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut.

Damar juga menginginkan tanah yang subur, berdrainase baik, dan kaya akan bahan organik. Kondisi iklim yang lembap dengan curah hujan tinggi, biasanya di atas 2.000 mm per tahun. Pohon ini biasanya tumbuh secara alami dalam kelompok, berkontribusi pada keanekaragaman hayati di habitatnya.

 

Status Konservasi Damar (Agathis dammara)

Menurut IUCN Red List, damar (Agathis dammara) terdaftar dalam kategori Threatened (terancam) dengan status konservasi Vulnerable (VU) yang berarti rentan terhadap resiko kepunahan di alam liar. Pohon damar memang sangat rentan karena banyaknya penebangan liar, perusakan habitat dan konversi lahan untuk pertanian. Upaya konservasi saat ini masih terus dilakukan untuk melindungi spesies ini dan juga habitatnya agar tetap terjaga.

 

 

Sumber:

Dinas Kehutanan. (1976.) Mengenal Beberapa Jenis Kayu Irian Jaya Jilid I. Dinas Kehutanan Daerah Tingkat I Irian Jaya. Jayapura, 1-10.

Kolbinur, I., & Hutagalung, S. S. (2016). Analisis Kebijakan Pelestarian Damar di Kabupaten Pesisir Barat: Studi Terhadap Agenda Setting Damar Sebagai Usaha Perlindungan dan Peningkatan Kesejahteraan Petani Damar. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 7, 1.

Plants.USDA: (https://plants.usda.gov/home/plantProfile?symbol=AGDA2)

Ciriciripohon.id: (https://ciriciripohon.id/ciri-ciri-pohon-damar/)

PlantNet: (https://identify.plantnet.org/id/prosea/species/Agathis%20dammara%20(Lamb.)%20Rich.%20&%20A.Rich./data)

Tukang Tanam Surabaya/Garden Center: (https://gardencenter.co.id/pohon-damar/)

IUCN Red List: https://www.iucnredlist.org/

#flora, #konservasi, #tumbuhan
Tentang Penulis
mesitasaura

Tinggalkan Balasan

2024-10-23
Difference:

Tinggalkan Balasan