Melihat Kehidupan Liar Taman Margasatwa Ragunan

Artikel
Melihat Kehidupan Liar Taman Margasatwa Ragunan
64
17 Desember 2020
Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan
Penulis
indekade
5
posting

Taman Margasatwa Ragunan merupakan tempat pilihan yang cocok untuk berakhir pekan bersama keluarga. Berlokasi di Jakarta Selatan, tempat ini tergolong ramah didompet dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Jakarta. Tidak hanya bagi masyarakat yang ingin berekreasi saja, tempat ini juga menjadi favorit bagi para pecinta, pengamat dan fotografer alam liar. Alasannya, ternyata masih banyak hewan liar yang bebas lalu lalang tanpa terbatasi jeruji besi maupun dinding beton.

Gambar 1. Pengamatan hewan liar didalam kandang satwa

Sabtu (12/12/2020) tim Biodiversity Warriors dan BBC Ardea Universitas Nasional kembali melangsungkan pengamatan satwa liar di Taman Margasatwa Ragunan sebagai rangkaian kegiatan Jakarta Biodiversity Survey in Pandemic (JAKBIN). Sama seperti kegiatan  yang sudah dilakukan sebelumnya, dalam pengamatan ini bertujuan untuk mendata satwa dan hidupan liar di taman kota DKI Jakarta. Bermodalkan kamera, catatan dan binokuler tanpa disangka kami mendapatkan 34 jenis burung, 15 jenis kupu-kupu dan empat jenis capung yang hidup bebas dikawasan TM Ragunan. Diantaranya terdapat beberapa jenis menarik yang sangat menguras perhatian kami pada mereka. Sebut saja alap-alap kawah (Falco peregrinus), kakaktua jambul-kuning (Cacatua sulphurea), sikep-madu asia (Pernis ptilorhynchus) dan masih banyak lagi.

Gambar 2. Kakaktua jambul-kuning dan kerak kerbau

Gambar 3. Gelatik jawa

Rasanya tidak akan cukup untuk menikmati mereka semua, mengeksplorasi sudut-sudut taman wisata ini, ataupun terkagum atas banyaknya keragaman yang hidup berdampingan dikawasan Taman Margasatwa Ragunan hanya dalam hitungan jam, bahkan satu hari sekalipun. Pertemuan singkat dengan jenis-jenis unik yang kami temukan tersebut bisa dikatakan sebuah keberuntungan dan berkah tersendiri dalam kegiatan yang kami lakukan. Melihat aktivitas alap-alap kawah yang bertarung dengan sekelompok gagak hutan (Corvus enca), sikep-madu melayang diatas kepala, kakatua berkeliaran bebas dengan teriakan riangnya, munguk beledu berputar dibalik ranting dan dahan…sepertinya sulit dipercaya kalau kalian belum melihatnya secara langsung. Untuk itu, silahkan datang dan saksikan sendiri tentunya harus dengan protokol ataupun perizinan yang berlaku saat ini ya. Disamping atraksi satwa yang disuguhkan oleh pihak pengelola Ragunan, kalian hanya perlu peka dengan sekitar kalian agar bisa menemukan keragaman hayati yang tersembunyi disetiap sudut taman.

Gambar 4. Memotret satwa liar

1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *